Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dalam Setahun, Desa Tertinggal di Kabupaten Bogor Berkurang 41

Pada 2019 desa tertinggal di Kabupaten Bogor berjumlah 45. Tahun 2020 desa tertinggal hanya tinggal 4 desa.
Bupati Bogor Ade Yasin/Antara
Bupati Bogor Ade Yasin/Antara

Bisnis.com, CIBINONG - Kabupaten Bogor berhasil meningkatkan kesejahteraan sejumlah desa di wilayahnya. Dalam setahun, jumlah desa tertinggal di wilayah ini berkurangan hingga 4 desa.

Kementerian Desa (Kemendes) mencatat keberhasilan Kabupaten Bogor dalam menghapus 41 desa tertinggal dalam kurun waktu satu tahun.

"Alhamdulillah, pada 2019 desa tertinggal ada 45 desa, tahun 2020 desa tertinggal sisa empat sehingga berhasil menghapus 41 desa dalam satu tahun," ujar Bupati Bogor Ade Yasin di Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (8/9/2020).

Pada periode yang sama, jumlah desa mandiri dari sebelumnya 12 desa, kini menjadi 29 desa, jumlah desa maju dari sebelumnya 93 desa, kini menjadi 131 desa, dan jumlah desa berkembang dari 266 desa menjadi 252 desa.

"Semoga bisa tuntas di tahun 2021, menjadi nol desa tertinggal," tutur Ade Yasin.

Adapun, empat wilayah yang masih berstatus sebagai desa tertinggal adalah Desa Wirajaya Kecamatan Jasinga, Desa Cilaku Kecamatan Tenjo, serta Desa Sukarasa dan Desa Buanajaya Kecamatan Tanjungsari.

Ade Yasin menyebutkan, ada tiga indikator utama yang ditetapkan Kementerian Desa untuk mengklasifikasikan masing-masing desa, yakni faktor ketahanan ekonomi, ketahanan sosial, dan ketahanan lingkungan.

"Tiga indikator utama ini dijabarkan ke dalam 54 indikator, dan dari 54 indikator ada 719 kuisioner yang harus diselesaikan. Perlu penanganan yang komprehensif, mana kewenangan desa dan mana kewenangan kabupaten," terangnya.

Menurut Ade Yasin untuk memenuhi kebutuhan dari tiga indikator tersebut, Pemkab Bogor perlu mengerahkan dinas-dinas terkait, mulai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), hingga Dinas Kesehatan (Dinkes).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper