Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Suara Dentuman Terdengar di Jakarta, Ada Apa ya?

Suara dentuman yang terdengar bervolume kecil seperti suara meriam atau geluduk (petir).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 September 2020  |  22:57 WIB
Ilustrasi seismograf. Alat ini merupakat perangkat yang mengukur dan mencatat gempa bumi. - Antara
Ilustrasi seismograf. Alat ini merupakat perangkat yang mengukur dan mencatat gempa bumi. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Suara dentuman terdengar di sejumlah wilayah di DKI Jakarta pada Minggu malam (21/9/2020). Hasil monitoring BMKG menggunakan sensor gempa menunjukkan tidak ada catatan aktivitas gempa yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Camat Tebet Dyan Airlangga mengaku mendengar suara dentuman. Namun belum mendapatkan laporan dari warga Tebet terkait suara dentuman yang terdengar di wilayah tersebut.

Dyan mendengar suara dentuman sebanyak satu kali di wilayah tempat tinggalnya di Pinggilingan, Cakung, Jakarta Timur.

"Barusan saya dengar juga nih di rumah saya di Cakung, barusan jam 20.58 WIB, sebanyak satu kali," kata Dyan seperti dilansir dari Antara.

Menurut Dyan, suara dentuman yang terdengar volumenya kecil seperti suara meriam atau geluduk (petir).

Dyan kembali mengatakan belum menerima laporan dari warganya maupun jajarannya terkait informasi suara dentuman ramai dibicarakan di media sosial.

Seorang petugas Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan yang pernah bertugas di Sektor Pasar Minggu menyebutkan suara dentuman terdengar oleh anggota Damkar Sektor Pasar Minggu.

"Iya ada yang bilang dengar suara dentuman di Pasar Minggu, tapi belum ada yang melaporkan," kata Wanto, petugas Damkar tersebut.

Informasi yang beredar di twitter menyebutkan suara dentuman sebanyak dua kali terjadi di wilayah Pasar Minggu, Kalibata, Tebet hingga Cawang sekitar pukul 20.00 WIB.

Beragam komentar warganet menyebutkan dentuman bervariasi dari satu, dua hingga tiga kali. Dengan volume kecil hingga besar seperti suara dentuman meriam.

Di lain pihak, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan hasil monitoring BMKG menggunakan sensor gempa menunjukkan tidak ada catatan aktivitas gempa yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB.

"Namun demikian, hasil monitoring petir oleh BMKG menggunakan peralatan lightning detector menunjukkan adanya beberapa aktivitas petir yang terjadi di sekitar Gunung Salak Bogor antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB," tulisnya dalam akun media sosial Twitter.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta gempa

Sumber : Antara, Twitter

Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top