Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bendung Katulampa Siaga 1, Warga Jakarta Diminta Waspadai Banjir

BPBD DKI Jakarta menyampaikan kenaikan tinggi muka air air di Bendung Katulampa yang mencapai 240 centi meter pada Minggu (21/9/2020) pukul 18.00 WIB.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 21 September 2020  |  19:52 WIB
Ilustrasi - Suasana di bendungan katulampa, Bogor, Jawa Barat, Selasa (25/2/2020). Bisnis - Abdurachman
Ilustrasi - Suasana di bendungan katulampa, Bogor, Jawa Barat, Selasa (25/2/2020). Bisnis - Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - Warga di sekitar bantaran sungai di wilayah Jakarta diminta untuk mewaspadai potensi banjir pada Senin (21/9/2020) malam. Kenaikan tinggi muka air di Bendung Katulampa masuk dalam kategori Siaga 1.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, melalui akun resmi Twitter-nya, @BPBDJakarta pada pukul 18.36 WIB merilis peringatan dini terkait kondisi tersebut.

Hal itu disampaikan lantaran terjadi kenaikan tinggi muka air air di Bendung Katulampa yang mencapai 240 centi meter pada Minggu (21/9/2020) pukul 18.00 WIB.

"INFO DISASTER EARLY WARNING SYSTEM (DEWS) KEPADA WARGA BANTARAN SUNGAI, AKIBAT KENAIKAN BENDUNG KATULAMPA, TMA 240 CM/HUJAN (AWAS/SIAGA 1) Senin, 21 September 2020, Pukul 18.00 WIB," demikian tulis akun Twitter BPBD Provinsi DKI Jakarta.

BPBD DKI Jakarta menginfokan bahwa kenaikan tinggi muka air di Bendung Katulampa itu meningkat dalam tempo cepat. Pada pukul 16.00 WIB tinggi muka airnya baru mencapai 10 centi meter atau dalam status Siaga 4.

Kondisi serupa bahkan masih terjadi hingga pukul 17.00. Tinggi muka air itu pun meningka dengan relatif cepat dalam waktu sekitar satu jam.

Oleh karena itu, BPBD memperingatkan warga yang bermuki di sejumlah wilayah dengan bantaran Sungai Ciliwung. Aliran air dengan volume tinggi itu diperkirakan akan sampak dalam tempo 6-9 jam.

Sejumlah wilayah terdampak itu yakni Rajawati, Pangadegan, Bukit Duri, Pejaten Timur, Cawang, Bidara Cina, Kalibata, Kebon Baru, dan Kampung Melayu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir dki jakarta katulampa
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top