Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ciganjur Longsor: 271 Orang Masih Mengungsi, Ini Kata Wagub DKI

Pintu akses masuk hanya ada satu. Alat berat pun terbatas untuk bisa dioperasikan kurang lebih hanya 3 unit akibat keterbatasan lahan untuk ruang geraknya.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 11 Oktober 2020  |  17:49 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat meninjau lokasi longsor di Jalan Damai, RT04/02, Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada Minggu (11/10/2020) siang. - Humas Pemprov DKI Jakarta
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat meninjau lokasi longsor di Jalan Damai, RT04/02, Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada Minggu (11/10/2020) siang. - Humas Pemprov DKI Jakarta

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melakukan peninjauan lokasi longsor di Jalan Damai, RT04/02, Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu siang (11/10/2020).

Kunjungan dilakukan untuk memastikan proses penanggulangan dampak bencana di lokasi tersebut berjalan dengan baik.

Ariza menyatakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan bahwa tanah longsor terjadi pada pukul 18.50 WIB, pada Sabtu (10/10/2020).

Longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Ibu Kota.

Alat berat di lokasi longsor/Humas Pemprov DKI

"Sebagaimana yang sudah disampaikan tadi malam, ada pagar, dan turap di perumahan yang rubuh menutupi sungai kecil yang ada di sekitar. Akibatnya sungai tertutup dan aliran air menggenangi permukiman sekitar 300 rumah. Ada empat rumah yang tertimpa pagar bahkan ada satu orang korban jiwa," tuturnya.

Dia juga mengatakan Pemprov DKI telah melakukan penanganan terhadap sekitar 400 hingga 500 warga yang mengungsi.

Hingga Minggu siang tersisa 271 orang pengungsi.

Sementara itu proses penanganan longsor sedikit terkendala karena akses lokasi merupakan kawasan padat penduduk.

"Pintu akses masuk hanya ada satu. Alat berat pun terbatas untuk bisa dioperasikan kurang lebih hanya 3 unit akibat keterbatasan lahan untuk ruang geraknya. Semoga ke depannya kita sudah bisa bersihkan sisa puing yang menutupi sungai, supaya kalau ada hujan tidak mengakibatkan genangan," ujarnya.

Wagub Ariza menyampaikan apresiasi kepada petugas gabungan dari Dinas Gulkarmat DKI, Satpol PP, Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI, hingga PPSU Kelurahan Ciganjur yang dari awal sudah melaksanakan penanggulangan di lokasi.

Petugas di lokasi longsor di Ciganjur/Humas Pemprov DKI

Apresiasi juga disampaikan Ariza kepada beberapa stakeholder yang ikut membantu seperti Palang Merah Indonesia (PMI), Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan organisasi masyarakat lainnya yang bekerja sama dengan Pemprov DKI.

"Saat ini masih ada beberapa rumah yang tergenang. Alhamdulillah bisa kita tanggulangi, bantuan sudah kita berikan seperti makanan, minuman, obat, serta masker. Kita juga minta dilaksanakan protokol Covid-19 agar tidak terjadi klaster baru di area pengungsian," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

longsor Ciganjur Ahmad Riza Patria
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top