Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wanita Berhijab Hitam Ingin Bakar Balai Kota DKI Diduga Tidak Waras

Wanita yang mengaku akan membakar gedung Balai Kota DKI Jakarta diduga mengalami gangguan mental.
Balai kota DKI/jakarta.go.id
Balai kota DKI/jakarta.go.id

Bisnis.com, JAKARTA — Wanita berhijab hitam yang berencana untuk membakar gedung Balai Kota DKI Jakarta diduga mengidap gangguan jiwa.

Dugaan itu berdasarkan pada hasil pemeriksaan sementara atas kemampuan berbahasa dan surat yang ditulis yang bersangkutan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang terlihat tidak koheren.

“Saya melihat itu bahasa yang nggak baik. Dan itu memang bahasa asal dan nggak jelas itu surat apa, karena dia menyatakan bahwa beliau itu, di suratnya mau minta duit ke Bank DKI, karena dia punya uang di Bank DKI, terus karena dia mewakili polsek-polsek. Seperti itu, jadi ngaco,” kata Kepala Biro Umum dan Administrasi Sekretariat Daerah Setda Provinsi DKI Jakarta Budi Awaluddin saat dikonfrimasi pada Rabu (28/10/2020).

Budi menuturkan pihaknya telah melepaskan yang bersangkutan karena diduga tidak waras. Setelah dilepas, wanita itu justru mengadu ke Pengaman Dalam (Pamdal) Balai Kota DKI Jakarta.

“Karena dia melaporkan seorang TNI itu menganiaya dia di lantai 12. Akhirnya saya buat laporan kepada kepala Polda Metro Jaya bahwa kejadiannya tidak benar seperti itu dan saya akan melaporkannya ke Polsek Gambir,” tuturnya.

Sebelumnya, Wanita itu kedapatan membawa bensin yang disimpan di dalam botol air mineral ke dalam gedung lantai 12 Balai Kota DKI Jakarta. Dalam pengakuannya, wanita itu bermaksud untuk membakar gedung Balai Kota DKI Jakarta.

Aksi itu sempat terekam di dalam video amatir berdurasi 41 detik yang viral di kalangan awak media Balai Kota. Dalam video itu, aparat keamanan berhasil mengagalkan rencana wanita itu. Hanya saja, motif pembakaran Gedung Balai Kota masih sumir alias tidak jelas.

“Ku bakar gedung ini,” teriak wanita itu ketika digeledah aparat keamanan pada Selasa (27/10/2020).

Selain membawa bensin, dia menerangkan, wanita itu juga membawa surat yang isinya ditujukkan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Hanya saja, struktur antar kalimat tidak teratur.

“Saya sudah bersurat ke Polsek Gambir, melaporkan bahwa ibu itu melakukan, mengancam pengerusakan aset pemerintah, dan mencemarkan nama baik. Tadinya kita berpikir dia sakit jiwa, tapi kok bisa melaporkan hal itu. Karena memang dari suratnya aneh,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper