Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemprov DKI Luncurkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Pulau Sebira

Kehadiran PLTS hybrid PLN berkapasitas daya 400 kilo Watt peak (KWp) diharapkan bisa mendorong ketersediaan cold storage bagi para nelayan di Pulau Sebira.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 25 November 2020  |  17:51 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat peresmian PLTS Pulau Sebira secara daring, di Ruang Pola, Balai Kota DKI Jakarta pada Rabu (25/11/2020). - Istimewa/Humas Pemprov DKI Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat peresmian PLTS Pulau Sebira secara daring, di Ruang Pola, Balai Kota DKI Jakarta pada Rabu (25/11/2020). - Istimewa/Humas Pemprov DKI Jakarta

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya meluncurkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Pulau Sebira, Kepulauan Seribu.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan apresiasi atas kerja sama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya.

PLTS hybrid PLN di Pulau Sebira berkapasitas daya sebesar 400 kilo Watt peak (KWp) dan diproyeksi dapat menghasilkan energi sebesar 1.200 kWh per hari.

“Pulau Sebira dengan 600 keluarga ini akan memiliki listrik bukan hanya aman tetapi juga ramah lingkungan. Ini kado ulang tahun Kepulauan Seribu yang dirayakan dengan peresmian PLTS,” kata Anies dalam Peresmian PLTS Pulau Sebira secara daring, di Ruang Pola, Balai Kota Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Hadirnya PLTS di Pulau Sebira, menurut Anies, menjadi pesan penting bagi seluruh Indonesia.

Dia menuturkan jika suatu wilayah kepulauan di Jakarta seluruh fasilitasnya dapat dipenuhi, maka semangat ini juga dapat diwujudkan untuk memenuhi fasilitas wilayah kepulauan lain di Indonesia.

“Kemampuan kita menghadirkan konektivitas di Kepulauan Seribu mengirimkan pesan bila kawasan pulau yang terdekat dengan pusat kekuasaan terfasilitasi, maka Insya Allah yang jauh bisa terfasilitasi juga,” tuturnya.

Anies berharap warga Pulau Sebira dapat mengakses cold storage untuk menyimpan hasil tangkapan nelayan agar tetap segar sembari meningkatkan nilai jual.

“Kita berharap adanya pasokan listrik yang stabil melalui PLTS bisa menjadi hulunya peningkatan produktivitas masyarakat di Kepulauan Seribu. Mereka ingin cold storage sehingga hasil tangkapan bisa disimpan dan ini hanya bisa diakses kalau ada listrik,” tambah Anies.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

plts anies baswedan pemprov dki jakarta kepulauan seribu
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top