Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hujan Ekstrem 20 Februari, Anies: Kapasitas Drainase DKI Terbatas

Hal itu diungkapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat dia beserta jajarannya meninjau Pintu Air Manggarai Jakarta Pusat, Sabtu (20/2/2021).
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 20 Februari 2021  |  11:59 WIB
rnGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/11/2020). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipanggil pihak kepolisian untuk dimintai keterangan terkait pelanggaran protokol kesehatan pada acara Maulid Nabi di Petamburan, Jakarta Pusat yang menimbulkan kerumunan. - Antara\r\n\r\n
rnGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/11/2020). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipanggil pihak kepolisian untuk dimintai keterangan terkait pelanggaran protokol kesehatan pada acara Maulid Nabi di Petamburan, Jakarta Pusat yang menimbulkan kerumunan. - Antara\\r\\n\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaporkan wilayah Ibu Kota dilanda hujan dengan intensitas ekstrem sejak  Jumat (19/2/2021) malam.

Hal itu diungkapkannya saat dia beserta jajarannya meninjau Pintu Air Manggarai Jakarta Pusat, Sabtu (20/2/2021). Dia memerinci, berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), curah hujan di DKI sejak semalam bahkan mencapai 226 milimeter (mm) per hari.

Menurutnya, dalam pembagian skala, intensitas hujan lebat mencapai 100 mm, kemudian hujan sangat lebat pada 100 mm-150 mm, sedangkan di atas 150 mm masuk kategori hujan ekstrem.

"Curah hujan sampai 226 mm, di Sunter Hulu 197 mm, di Halim sampai 176 mm, Lebak Bulus 154 mm, semua angka di atas 150 adalah kondisi ekstrem," jelasnya kepada awak media.

Anies mengatakan hujan lebat dengan intensitas di atas 100 mm per hari terjadi di DKI Jakarta dalam beberapa hari terakhir. Sementara itu, jelas dia, kapasitas drainase di Ibu Kota hanya mampu mengantisipasi hukan dengan kisaran 50 mm-100 mm.

"Bila terjadai hujan di atas 100 mm per hari, maka pasti terjadi genangan karena memang kapasitasnya terbatas sampai 100 mm," jelas dia.

Adapun Posko Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta menyampaikan hasil status pintu air dan ketinggian muka air di sejumlah titik di Ibu Kota.

Pada pukul 10.00 WIB, dikutip dari Twitter Dinas SDA Jakarta, sejumah tintik terpantau siaga 1, yaitu Angke Hulu, Karet dan Sunter Hulu. Adapun, ketinggiannya mencapai 365 cm di Angke Hulu, 610 cm di Karet dan 300 cm di Sunter Hulu.

Cuaca di Angke Hulu dan Karet terpantau mendung, sementara Sunter Hulu hujan.

Untuk pintu air Manggarai ketinggiannya telah mencapai 865 cm dengan status siaga 2. Pasar Ikan, PA Marina dan Cipinang Hulu berada di status siaga 3.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir Banjir Jakarta dki jakarta Anies Baswedan
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top