Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dukung Anies Lepas Saham PT Delta Djakarta, PKS: Ada Pendapatan Lain yang Halal

Dukungan itu menyusul dicabutnya lampiran industri minuman keras mengandung alkohol pada Peraturan Presiden Nomor 10 tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 04 Maret 2021  |  09:55 WIB
 PT Delta Djakarta Tbk., - Istimewa
PT Delta Djakarta Tbk., - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendukung realisasi janji politik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk melepas kepemilikan saham Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Perusahaan Bir PT Delta Djakarta.

Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Mohammad Arifin menerangkan, dukungan itu menyusul dicabutnya lampiran industri minuman keras mengandung alkohol pada Peraturan Presiden Nomor 10 tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal.

“Jika saham ini menyumbang rusaknya generasi bangsa di masa yang akan datang, maka sudah selayaknya untuk dilepaskan segera dan Pemprov DKI bisa menambah pendapatan asli daerahnya dari jalur lain yang halal dan lebih berkah,” kata Arifin melalui keterangan tertulis pada Kamis (4/3/2021).

Menurut dia, langkah itu tidak berpengaruh terhadap APBD DKI Jakarta. Pasalnya, dia menambahkan,  deviden yang diberikan ke kas DKI tidak terlalu besar.

“Dan  ada pemasukan lainnya yang lebih halal dan berkah,” tuturnya.

Arifin menggarisbawahi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta seharusnya ikut menjaga moral generasi bangsa dengan tidak berkontribusi menyebarkan minuman keras yang diproduksi PT Delta.

Berdasarkan Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki 210,20 juta lembar saham atau setara dengan 26.25 persen dari total saham perseroan.

Sementara, saham dari San Miguel Malaysia (L) Pte. Ltd. sebesar 467,06 juta saham atau setara dengan 58,33 persen dari total saham perseroan.

Empat tahun lalu, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI terpilih menegaskan berkomitmen merealisasikan janji programnya termasuk menjual saham PT Delta Djakarta Tbk.

Saat itu, Mardani Ali Sera, Ketua Tim Sukses Anies-Sandi mengatakan rencana penjualan saham perusahaan produsen bir tersebut akan dilaksanakan ketika Anies-Sandi resmi menjabat sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI.

"Kami ingin Pemprov DKI berinvestasi di sektor-sektor bermanfaat saja. Jadi kami ingin ada keberkahan [dalam setiap usaha yang dijalankan pemda]," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (27/4/2017).

Dia menjelaskan, ke depan pihaknya akan menjual semua saham PT Delta Djakarta Tbk dan memikirkan untuk menjajaki usaha lain yang dijalankan badan usaha milik daerah (BUMD) yang lebih bermanfaat dan berkah untuk pemda dan masyarakat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pks Anies Baswedan
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top