Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Topang Kendaraan Listrik, PLN Siapkan 1.847 Stasiun Pengisian di DKI

LN menyediakan 1.847 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) untuk kendaraan roda dua, sedangkan SPKLU untuk kendaraan roda empat berada di lima lokasi.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 17 Maret 2021  |  20:35 WIB
SPKLU PLN.  - Kementerian BUMN
SPKLU PLN. - Kementerian BUMN

Bisnis.com, JAKARTA — General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (PLN Disjaya) Doddy Pangaribuan menuturkan pihaknya berkomitmen mendukung percepatan penggunaan transportasi listrik di Jakarta.

“Prinsipnya, kami sangat siap untuk mendukung transportasi listrik. Dalam rangka Jakarta Langit Biru ini," kata Doddy dalam diskusi daring Balkoters Talk bertajuk Menilik Laju Transportasi Listrik Ibu Kota, Rabu (17/3/2021).

Selama ini, PLN UID Disjaya memasok aliran listrik dengan kapasitas 10.301 megawatt di Jakarta. Dia mencatat kebutuhan listrik Ibu Kota saat kondisi normal hanya 4.300 yang disalurkan melalui 59 gardu induk.

Dengan demikian, dia mengatakan, pihaknya masih masih punya cadangan pemasokan listrik sebesar 150 persen dari total kebutuhan Jakarta.

"Artinya, kita masih punya cadangan listrik yang cukup melayani tambahan kebutuhan listrik termasuk kebutuhan listrik untuk kendaraan listrik," ujar dia.

Untuk menunjang kebutuhan listrik kendaraan pribadi, PLN menyediakan 1.847 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) untuk kendaraan roda dua.

Sementara, SPKLU untuk kendaraan roda empat berada di lima lokasi, yani di kawasan Gambir, Bulungan, Senayan City, Aeon BSD, dan Supermall Karawaci.

Sebelumnya, Dirut PT Transjakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo menuturkan pihaknya menargetkan pengadaan sekitar 10.051 bus Transjakarta berbasis listrik di Ibu Kota hingga tahun 2030. Target itu tertuang dalam dalam rencana jangka panjang perusahaan (RJPP) PT Transjakarta.

"Bus yang kita operasikan nanti semuanya kita beralih ke listrik. Kita bekerjasama dengan operator. Mereka sudah betul-betul paham bahwa ke depannya prioritas Transjakarta adalah bus listrik," ungkap Jhony.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN Kendaraan Listrik stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU)
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top