Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jakarta International Stadium Raih Sertifikat Greenship Level Platinum

Jakarta International Stadium (JIS) kini telah berpredikat sebagai bangunan ramah lingkungan atau green building.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 16 April 2021  |  09:46 WIB
Maket komplek Jakarta International Stadium (JIS). - Bisnis/Aziz Rahardyan
Maket komplek Jakarta International Stadium (JIS). - Bisnis/Aziz Rahardyan

Bisnis.com, JAKARTA - Proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, memperoleh sertifikat atau greenship level platinum dari lembaga sertifikasi Green Building Council Indonesia (GBCI). Artinya, JIS kini telah berpredikat sebagai bangunan ramah lingkungan atau green building.

Corporate Manager Communication PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Melisa Sjah mengatakan untuk mencapai predikat ini telah melalui serangkaian proses dan sejumlah penilaian dari asesor terhadap indikator-indikator yang telah ditetapkan.  

"Sejak awal pembangunan dengan konsepnya ada penilaiannya. Pada tahap pembangunan sekarang ini juga ada penilaiannya lagi. Berdasarkan poin-poin tersebut, capaian poin yang didapatkan sampai pekan lalu lolos verifikasi level tertinggi yaitu platinum. Sudah memenuhi green building secara persyaratan," kata Melisa dalam keterangannya, Jumat (16/4/2021).

Melisa menjelaskan, penilaian didasarkan pada enam parameter greenship yaitu, Appropriate Site Development (ASD), Building Environment Management, Energy Efficiency and Conservation, Indoor Health and Comfort, Material Resources, Cycle and Water Conservation.

"JIS merupakan stadion pertama di Indonesia yang mengusung konsep sustainability atau keberlanjutan. Capaian ini harus terus dijaga secara berkala dan memastikan level sertifikat platinum ini bisa dipertahankan," ujarnya.

Melisa menambahkan, green building bertujuan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan manusia yang muncul dari proses konstruksi hingga penggunaan atau operasional suatu bangunan tersebut. Untuk itu, diharapkan perencanaan suatu bangunan yang ramah lingkungan ini dapat mengantisipasi hal tersebut.

"Kita harus mempertahankan hingga final asesmen nanti dengan memastikan tahapan-tahapan untuk semua kriteria terealisasi di lapangan mulai dari fisik bangunan sampai operasional menerapkan green building seperti, efisiensi energi, konservasi air, dan material resource," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

green building jakarta propertindo Jakarta International Stadium
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top