Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Larangan Mudik, Penumpang di Terminal Lebak Bulus Melonjak

Jumlah pemudik di Terminal Lebak Bulus, Jakarta naik hingga mencapai 115 persen menjelang diberlakukannya larangan mudik lebaran.
Terminal bus/bisnis/Dedi Gunawan
Terminal bus/bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Pengelola Terminal Bus Lebak Bulus, Jakarta Selatan, mencatat kenaikan jumlah pemudik hingga 115 persen dari sekitar 200 orang pada hari biasa menjadi 431 orang pada Minggu (2/5) atau tiga hari sebelum larangan mudik.

"Puncaknya sepertinya pada Sabtu dan Minggu kemarin. Sekarang sudah mulai melandai," kata Kepala Satuan Pelaksana Terminal Bus Lebak Bulus Hernanto di Lebak Bulus, Selasa (4/5/2021).

Dia mencatat selama Sabtu (1/5) dan Minggu (3/5) hanya ada penumpang berangkat dan nihil penumpang turun pada masa pengetatan mudik.

Hernanto merinci pada Sabtu (1/5) jumlah pemudik yang berangkat mencapai 375 orang yang dilayani 50 bus dengan tujuan sejumlah kota di Pulau Jawa, sedangkan pada Minggu (2/5) dilayani 65 bus dengan memberangkatkan 431 orang penumpang.

Pada Selasa (4/5) terminal yang disebut juga Terminal Lintas Pasar Jumat itu masih didatangi sejumlah pemudik namun jumlahnya tidak sebanyak pada akhir pekan kemarin.

Sebelumnya, Hernanto menjelaskan bahwa Terminal Bus Lebak Bulus akan tutup pada 6 - 17 Mei 2021 atau selama larangan mudik lebaran.

Pihaknya akan memasang "portal barrier" atau "traffic cone" (pembatas) di pintu masuk dan keluar terminal yang berada di Jalan Ciputat Raya, Lebak Bulus itu.

Sebelumnya, pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengeluarkan aturan tambahan terbaru yang termuat dalam Adendum Surat Edaran Nomor 13 tahun 2021.

Adendum itu terkait peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan upaya pengendalian penyebaran Covid-19 selama Bulan Suci Ramadan 2021.

Pemerintah melarang layanan angkutan mudik semua moda transportasi pada 6-17 Mei 2021. Sebelum mudik dilarang, pemerintah memberlakukan pengetatan pelaku perjalanan mulai 22 April hingga 5 Mei 2021 dan 18 - 24 Mei 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper