Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kementerian PUPR Berupaya Penuhi Kebutuhan Hunian Layak di Tangerang

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan pemenuhan kebutuhan perumahan yang layak di Tangerang merupakan salah satu fokus pemerintah. Melalui Program Sejuta Rumah, pemerintah ingin agar seluruh masyarakat bisa menempati hunian yang layak.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 27 Mei 2021  |  15:35 WIB
Ilustrasi pembangunan perumahan di Kabupaten Tangerang, Banten. - Istimewa
Ilustrasi pembangunan perumahan di Kabupaten Tangerang, Banten. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama dengan pemerintah daerah dan pengembang akan memenuhi kebutuhan layak di Kabupaten Tangerang.

Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan perumahan skala besar di Kabupaten Tangerang sangat mendesak untuk dikembangkan.

Menurutnya, pemenuhan kebutuhan rumah bagi masyarakat pada masa pandemi Covid-19 perlu menjadi salah satu fokus pemerintah. Melalui Program Sejuta Rumah, pemerintah ingin agar seluruh masyarakat bisa menempati hunian yang layak.

"Kabupaten Tangerang sebagai kawasan  penyangga ibukota Jakarta memiliki lahan yang yang cukup luas untuk dijadikan pilot project pengembangan perumahan skala besar," ujarnya dalam siaran pers pada Kamis (27/5/2021).

Namun, untuk mewujudkan hal itu, lanjutnya, pihaknya memerlukan dukungan dari pemda dan pengembang serta masyarakat.

Perumahan skala besar juga menjadi salah satu masukan dari berbagai pakar perumahan dan perlu mendapat perhatian khusus agar pembangunan kawasan semakin tertata.

Menurutnya, selain banyak perumahan yang dibangun pengembang besar, di sisi lain masih banyak daerah yang masuk dalam kategori kawasan kumuh sehingga memerlukan npenanganan khusus dalam penyediaan perumahan.

"Kami juga ingin agar penataan hunian di kawasan Kabupaten Tangerang bisa berjalan dengan baik. Kami juga siap memberikan dukungan infrastruktur dalam pembangunan perumahan skala besar sesuai kebutuhan dari Pemkab Tangerang," tutur Khalawi.

Bupati Tangerang A Zaki Iskandar menuturkan Kabupaten Tangerang menyatakan saat ini daerahnya bida dikatakan sebagai "Miniatur Indonesia Kecil".

Oleh karena itu, mau tidak mau warga Kabupaten Tangerang yang kini jumlahnya hampir 4 juta jiwa sangat membutuhkan hunian.

Menurut dia, beberapa daerah di Tangerang termasuk daerah maju dengan berbagai penataan kota, tetapi masih ada daerah-daerah khususnya pesisir pantai yang juga perlu mendapat bantuan pemerintah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perumahan program sejuta rumah Kementerian PUPR
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top