Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemprov DKI Percepat Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun, Selasa 14 Desember 2021

Pemprov DKI Jakarta mempercepat penyelenggaraan vaksinasi anak usia 6-11 tahun dari pekan depan menjadi besok.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 13 Desember 2021  |  16:17 WIB
Pelaksanaan vaksinasi pelajar di Sekolah Kristen IPEKA Pluit. - Antara
Pelaksanaan vaksinasi pelajar di Sekolah Kristen IPEKA Pluit. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mempercepat penyelenggaraan vaksinasi anak usia 6-11 tahun dari pekan depan menjadi besok, Selasa (13/12/2021).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Jakarta, Dwi Oktavia, mengatakan besok Pemprov DKI akan melakukan launching untuk penyelenggaran vaksinasi anak usia 6-11 tahun di sekolah dasar (SD)/sederajat.

"Insya Allah besok. Untuk awal akan dilaksanakan di sekolah dasar/sederajat," ujarnya kepada wartawan, Senin (13/12/2021).

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan bersama dengan pihak sekolah dan puskesmas.

"Selain di sekolah, vaksinasi anak usia 6-11 tahun juga bisa dilaksanakan di fasilitas kesehatan ataupun pos vaksin," sambungnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemprov DKI Jakarta sudah siap menjalankan program tersebut.

Secara nasional, vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun akan dimulai besok, Selasa, 14 Desember 2021. Jumlah sasaran vaksinasi mencapai 26,5 juta anak berdasarkan data sensus penduduk 2020.

Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes dr. Maxi Rein Rondonuwu mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan kick off pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun.

Pelaksanaan vaksinasi untuk anak sesuai dengan Instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta untuk segera dilaksanakan vaksinasi pada anak 6 sampai 11 tahun.

Pelaksanaan vaksinasi ini akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama vaksinasi akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70 persen dan cakupan vaksinasi Lansia di atas 60 persen.

Sampai saat ini, sebanyak 8,8 juta jiwa dari 106 kabupaten/kota dari 11 provinsi yang sudah memenuhi kriteria tersebut, yakni Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Bali.

Vaksin yang digunakan untuk sementara ini adalah jenis Sinovac dan sudah punya Emergency Use Autorization (EUA). Sebanyak 6,4 juta dosis vaksin Sinovac yang akan digunakan hingga akhir Desember 2021.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pemprov DKI Vaksin Covid-19
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top