Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anies Sebut Jakarta Tetap Macet, meski Ibu Kota Negara Pindah

Anies Baswedan mengungkapkan, bahwa pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur (Kaltim) tidak  akan menghilangkan kemacetan di Jakarta.
Indra Gunawan
Indra Gunawan - Bisnis.com 28 Januari 2022  |  08:30 WIB
Kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Gatot Subroto dan Tol Dalam Kota, Jakarta, Senin (24/1/2022). Pemerintah resmi memperpanjang PPKM Jawa-Bali hingga 31 Januari 2022. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay - tom.
Kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Gatot Subroto dan Tol Dalam Kota, Jakarta, Senin (24/1/2022). Pemerintah resmi memperpanjang PPKM Jawa-Bali hingga 31 Januari 2022. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay - tom.

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, bahwa pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur (Kaltim) tidak  akan menghilangkan kemacetan di Jakarta.

"Jadi tidak akan ada efeknya pada kemacetan di Jakarta, karena kemacetan di Jakarta itu oleh kegiatan rumah tangga, kegiatan dunia usaha, so it doesn`t make that difference," kata Anies dalam saat diskusi  “Format & Tata Kelola Pemerintahan yang Mendukung Jakarta Sebagai Pusat Ekonomi-Bisnis Berskala Global” yang di kanal Youtube Pemprov DKI Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Anies menyatakan, tanpa status IKN, Jakarta tetap melayani kegiatan bisnis hingga rumah tangga masyarakat. Menurutnya, Jakarta tak banyak melayani kegiatan pemerintah pusat.

"Jakarta sebenarnya ada Ibu Kota atau tidak ada Ibu Kota, ya kita tetap harus melayani kegiatan bisnis. Tetap kita harus melayani kegiatan rumah tangga, tetap aja itu, karena dalam prakteknya Jakarta itu tidak banyak melayani kegiatan pemerintah pusat," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo berkali-kali mengutarakan alasan pindahnya IKN lantaran beban Jakarta yang sudah terlalu berat. Selain itu, kemacetan Jakarta juga menjadi alasan pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur.

Diketahui, DPR secara resmi menyetujui Rancangan Undang-undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN) menjadi UU. Ibu Kota pindah ke Kalimantan akhirnya menjadi kenyataan.

"Apakah RUU tentang ibu kota negara ini, semua anggota menyetujui," tanya Pimpinan Sidang Puan Maharani di Gedung DPR, Selasa (18/1/2022)

"Setuju," jawab anggota yang hadir.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Anies Baswedan jakarta macet iknb
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top