Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anies dan Luhut Bahas PPKM Jawa Bali Berakhir Hari Ini, Jakarta Naik ke Level 3?

PPKM wilayah Jawa-Bali  berakhir hari ini. Akankah DKI Jakarta naik level 3?
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima vaksinasi dosis kedua di Jakarta, Sabtu (18/9/2021)./Antara-Instagram @aniesbaswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima vaksinasi dosis kedua di Jakarta, Sabtu (18/9/2021)./Antara-Instagram @aniesbaswedan

Bisnis.com, JAKARTA  - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) wilayah Jawa-Bali  berakhir hari ini, Senin (7/2/2/2022). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, bahwa dirinya bersama Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan setiap sore rapat koordinasi soal PPKM. Akankah DKI Jakarta naik level 3?

"Saat ini sedang pembahasan, nanti kalau sudah ada keputusan pasti kami bicarakan. Jadi kami rakor hampir setiap sore," kata Anies, di Hotel Aryaduta Jakarta Pusat, Minggu (6/2/2022) malam.

Dikatakan, pembahasan saat ini bukan lagi soal usulan apakah Jakarta ingin menaikkan level PPKM, atau apakah daerah lain ingin menaikkan level PPKM di wilayahnya.

Menurutnya, saat ini yang dibahas adalah kriteria apakah yang menentukan peningkatan level PPKM di suatu wilayah.

"Yang harus Anda garis bawahi, ada kriteria. Nah kriteria ini yang tadi itu dibahas, nanti dari kriteria itu ditentukan levelnya," kata Anies.

Saat disinggung awak media mengenai kemungkinan DKI Jakarta mengetatkan kembali penjagaan protokol kesehatan seperti saat sebelum Lebaran, Anies mengelak.

"Ah, saya tidak dalam posisi untuk mengumumkan. Karena PPKM berbeda dengan PSBB. Kalau PSBB dulu, yang mengumumkan adalah gubernur. Kalau PPKM melalui instruksi mendagri, jadi kita tunggu saja," kata Anies.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan bahwa Pemprov DKI Jakarta mengusulkan kepada pemerintah pusat PPKM di Jakarta untuk dinaikkan dari level 2 menjadi level tiga.

"Peningkatan level kami sudah usulkan untuk dipertimbangkan kembali. Apakah perlu (PPKM) masih tetap seperti sekarang di level dua atau di level tiga," kata Riza, di Balai Kota Jakarta, Rabu (2/2/2022) malam.

Seiring dengan usulan peningkatan level PPKM, Riza menyebutkan bahwa pihaknya juga akan mengaktifkan kembali berbagai usaha untuk menekan penyebaran, seperti pengaktifan kembali satgas RT/RW; mempersiapkan bantuan sosial untuk isolasi mandiri dan dapur umum di lima wilayah; serta mengaktifkan kembali call center dan kanal pelaporan lain.

"Kami minta masyarakat supaya lebih aktif, giat melaporkan perkembangan yang ada, tempat hiburan dan mal kami akan bahas lebih detil lagi semuanya kami rinci sudah ditugaskan masing-masing unit, dinas, badan terkait untuk mendetailkan kembali," ujar Riza.

Saat ini DKI Jakarta masih berstatus PPKM Level 2 sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 6 Tahun 2022 tentang PPKM Level 1, 2, dan 3 di Jawa-Bali.

DKI Jakarta masih berstatus level dua terhitung 1-7 Februari 2022. Kasus Covid-19 di Jakarta per laporan pada 2 Februari 2022, mencapai 928.875 kasus dengan rincian 41.974 kasus aktif, 13.689 kasus meninggal dunia, dan 873.212 sembuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler