Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Earth Hour 2022, Berikut Daftar Gedung di Jakarta yang Mematikan Lampu Mulai Pukul 20.30 WIB

Sejumlah gedung di sepanjang ruas jalan Jakarta turut memadamkan lampu saat Earth Hour (26/3/2022) nanti malam.
Deretan gedung bertingkat terlihat dari ketinggian di kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (26/12/2018)./Bisnis-Nurul Hidayat
Deretan gedung bertingkat terlihat dari ketinggian di kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (26/12/2018)./Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Earth Hour 2022 akan dilaksanakan pada hari ini, Sabtu (26/3/2022) mulai pukul 20.30 WIB nanti. Sejumlah gedung di sepanjang ruas jalan Jakarta turut berpartisipasi memadamkan lampu.

Pelaksanaan Earth Hour atau selama 1 jam mematikan lampu ini sesuai dengan lnstruksi Gubernur (Ingub) DKI Jakarta Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pemadaman Lampu dalam Rangka Aksi Hemat Energi dan Pengurangan Emisi Karbon.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto menjelaskan, dalam Ingub tertera pelaksanaan pemadaman lampu sebanyak 3 kali dalam setahun, di antaranya pada peringatan aksi lingkungan bulan Maret, peringatan hari bumi, dan peringatan lingkungan hidup sedunia.

Aksi pemadaman lampu selama satu jam tersebut menurut Asep, bertujuan untuk memberikan pesan edukasi agar masyarakat menghemat energi dan berkontribusi dalam penurunan emisi.

“Dengan memadamkan lampu selama satu jam, kita akan menghemat energi sekaligus mengurangi emisi karbon. Mari jadi bagian untuk selamatkan bumi,” papar Asep dari laman resmi Pemprov DKI Jakarta, dikutip Sabtu (26/3/2022).

Melansir dari Ingub Nomor 14 Tahun 2021, berikut ini daftar lokasi pemadaman lampu di wilayah Jakarta:

-Seluruh bangunan gedung Kantor Pemprov DKI Jakarta (kecuali rumah sakit, puskesmas, klinik dan lain-lain).

-Jalan Protokol dan Jalan Arteri.

-Simbol Kota Jakarta (Gedung Balai Kota, Monumen Nasional dan air mancurnya, Patung Arjuna Wiwaha dan air mancurya, Bundaran Hotel lndonesia dan air mancurnya, Patung Pemuda dan air mancurnya, Patung Pahlawan dan Patung Jenderal Sudirman.

Sedangkan jalan protokol dan jalan arteri pada 5 wilayah kota administrasi yang akan memadamkan lampunya sebagai berikut:

Jakarta Pusat

Jalan Sudirman (Dukuh Atas sampai dengan Gedung Sampoerna Strategic), dan Jalan MH Thamrin, seputaran Jalan Medan Merdeka (Kecuali Medan Merdeka Utara depan lstana Presiden), Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Asia Afrika, Halaman Kantor Balai Kota DKI Jakarta dan Kantor Wali Kota Jakarta Pusat.

Jakarta Utara

Jalan Yos Sudarso, Komplek Kantor Wali Kota Jakarta Utara dan Jalan Perintis Kemerdekaan.

Jakarta Timur

Jalan Dr. Sumarno, Jalan Perintis Kemerdekaan dan Komplek kantor Wali Kota Jakarta Timur.

Jakarta Barat

Jalan Daan Mogot dan Jalan Kembangan Raya (depan Kantor Wali Kota Jakarta Barat) dan Komplek Kantor Wali Kota Jakarta Barat.

Jakarta Selatan

Jalan Prapanca Raya, Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Asia Afrika, Jalan Sudirman (Gedung Sampoerna Strategic-Patung Pemuda) dan Jalan Rasuna Said.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper