Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wagub DKI Hanya Izinkan Warga di Salat Id di Luar JIS

Masyarakat belum bisa merasakan bagian dalam Jakarta International Stadium (JIS) untuk salat Idulfitri.
Jakarta International Stadium (JIS)./Antara
Jakarta International Stadium (JIS)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta memperbolehkan masyarakat menggelar salat Idulfitri di bagian luar lapangan Jakarta International Stadium (JIS).

Ini artinya masyarakat belum bisa merasakan bagian dalam stadion yang akan menjadi kandang Persija dan Tim Nasional Sepak Bola Indonesia itu. 

"Di luar lapangan ya," kata  Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (6/4/2022). 

Kendati demikian, politikus Gerindra itu belum menyampaikan berapa kapasitas jemaah yang bisa ditampung di JIS. Menurutnya, Pemprov DKI Jakarta akan menghitung berapa kemungkinan masyarakat yang dapat Salat Idul Fitri di JIS. 

"Nanti akan kami sampaikan, sedang dikalkulasi berapa kapasitasnya, dan berapa mungkin yang bisa hadir di situ. Bukan kita hanya mengundang warga sekitar tentunya ya, silahkan," katanya. 

Lebih lanjut, Ahmad Riza juga mengaku masih menunggu keputusan Pemerintah Pusat terkait protokol kesehatan. Selanjutnya, pihaknya akan mengikuti aturan yang diberlakukan. 

"Nanti sesuai dengan peraturan dan petunjuk dari kementerian agama nanti, terkait protokol kesehatan kami tunggu petunjuk Kemenag," katanya. 

Terbaru pada Maret 2022, JIS dikabarkan sudah 98 persen rampung. Stadion yang digadang-gadang menjadi yang terbesar di Indonesia ini nantinya akan menampung 82.000 penonton.

Tidak hanya itu, JIS juga disebut akan menjadi stadion tertinggi di dunia dengan tinggi  mencapai 73 meter (240 kaki). Berstandar internasional, atap JIS nantinya dapat ditarik karena terbuat dari membran ETFE dan panjangnya 100 meter (330 kaki). 

Ini menjadikannya stadion sepak bola pertama yang memiliki atap yang dapat dibuka di Indonesia dan stadion kedua di Asia Tenggara yang memiliki atap yang dapat dibuka setelah National Stadium Singapore.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper