Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JIS Jadi Lokasi Festival Takbiran dan Salat Idulfiitri, Ini Kata Wagub DKI

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) angkat bicara soal rencana Jakarta International Stadium (JIS) dijadikan tempat Malam Takbiran dan Salat Idulfitri 1443 Hijriah.
Jakarta International Stadium (JIS)./Antara
Jakarta International Stadium (JIS)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA- Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria buka suara soal rencana Jakarta International Stadium (JIS) dijadikan tempat Malam Takbiran dan Salat Idulfitri 1443 Hijriah.

Wagub mengungkapkan bahwa hal itu dilakukan sekaligus untuk mengenalkan masyarakat dengan salah satu ikon baru di Jakarta.

"Pertama karena tempatnya di situ luas, strategis, sambil juga kita bersyukur bahwa sudah jadi stadium yang bisa buat kita banggakan ini," kata Wagub Ariza usai Rapat Paripurna di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa (5/4/2022).

Ariza juga berharap masyarakat nantinya ikut mensosialisasikan salah satu ikon baru tersebut dan berperan dalam menjaga serta merawat untuk kepentingan bersama.

"Sambil sosialisasi mempromosikan ya, jadi mohon dukungan masyarakat untuk membantu mensosialisasikan bahwa sekarang Jakarta dan juga Indonesia tentunya memiliki stadium internasional yang menjadi kebanggaan kita," ujarnya.

Malam Takbiran dan Salat Idulfitri merupakan dua agenda yang direncanakan Pemprov DKI menyambut Ramadan dan Idul Fitri 1443 Hijriah. 

Pemprov DKI sudah memiliki setidaknya 12 agenda menyambut Ramadan yakni munggahan Ramadan dengan para pimpinan lembaga dan organisasi masyarakat Islam pada 1 April 2022.

Kemudian, ornamen Ramadan dengan menghias ruang publik, seperti logo, umbul-umbul, dekorasi khusus Ramadan di Jakarta yang berkolaborasi dengan swasta. Ornamen bertemakan Ramadan dari 26 Maret - 1 Mei 2022 dan ornamen bertemakan Idulfitri dari 1 Mei-14 Mei 2022 di lima wilayah kota administrasi.

Kemudian, Ramadan Market dan Jazz Festival dalam bentuk bazar untuk menggairahkan aktivitas ekonomi UMKM, serta penampilan musik dan dakwah di Lapangan Banteng pada 11 April 2022 - 24 April 2022.

Agenda selanjutnya Ramadan Market Festival di setiap kelurahan dengan menyajikan makanan buka puasa dan produksi usaha mikro kecil. Selain itu, wisata religi spesial Ramadan, dengan melibatkan konten kreator agar publik secara luas dapat merasakan keberadaan peradaban Islam di Jakarta.

Selanjutnya, Gubernur Anies Baswedan dijadwalkan mengunjungi masjid/pondok pesantren di sejumlah lokasi, hingga kegiatan 30 hari khatam Al Quran selama Ramadan. Kemudian, berbagi hidangan buka puasa setiap hari minimal 50 ribu bungkus yang dibagikan ke masjid, mushalla, halte TransJakarta dan ruang publik lainnya, pada 2 April-1 Mei 2022.

Duta Imam Salat Tarawih, yang mengutus 200 orang terbaik dan telah diseleksi untuk menjadi Imam Salat Tarawih di masjid pilihan pada 2 April-1 Mei 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper