Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polisi Rekayasa Lalu Lintas Demo BEM SI, Sejumlah Jalan Ditutup

Sejumlah ruas jalan di wilayah Ring 1 akan ditutup pada pukul 08.30 WIB. Polisi telah menyiapkan 9 rute rekayasa lalu lintas.
Polda Metro Jaya menyiapkan skema rekayasa lalu lintas untuk menghindari kemacetan saat demonstrasi BEM SI di sekitar Istana Negara, Senin (11/4/2022) besok./Istimewa
Polda Metro Jaya menyiapkan skema rekayasa lalu lintas untuk menghindari kemacetan saat demonstrasi BEM SI di sekitar Istana Negara, Senin (11/4/2022) besok./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA- Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengindari kemacetan saat berlangsungnya demo BEM SI di Istana Negara, Senin (11/4/2022).

Aksi BEM itu dilakukan untuk menuntut sikap tegas Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penundaan pemilu, Undang-undang Ibu Kota Negara, menuntaskan kasus mafia minya goreng, hingga isu tentang harga bahan pokok yang semakin naik.

Sambodo mengatakan bahwa sejumlah ruas jalan di wilayah Ring 1 akan ditutup pada pukul 08.30 WIB. Pihaknya juga akan memasang pagar kawat dan water barrier di kedua arah.  

"Jalan Medan Merdeka Barat akan ditutup pukul 08.30 WIB. Arus lalu lintas akan dialihkan ke Jalan Merdeka Selatan dan Budi Kemuliaan. Demikian juga harmoni arah ke Istana akan kita tutup," kata Sambodo saat dikonfirmasi, Minggu (10/4/2022).  

Adapun Polda juga telah menyiapkan 9 ruas jalan di sekitar Bundaran Patung Kuda. Berikut ini skema rekayasa lalu lintas yang disiapkan: 

-Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jalan Veteran II diluruskan ke Harmoni.

-Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokan ke kanan Jalan Perwira.

-Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Medan Merdeka Timur.

-Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju Bundaran Patung Kuda dibelokan ke kiri atau ke kanan Jalan Kebon Sirih.

Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan dibelokkan ke kiri Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalin dari Jalan Fachrudin yang akan belok kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis.

-Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalin dari Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit.

-Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Muruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokan ke kiri ke Jalan Juanda.

-Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun di belokan ke kanan Jalan Gajah Mada.

-Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan menuju ke Jalan Majapahit akan dibelokkan ke Jalan Tanah Abang II.

Tidak hanya sampai disitu, Sambodo juga menyebutkan akan mengalihkan arus lalu lintas di sekitar Gedung DPR/MPR. Namun pengalihan tersebut sifatnya situasional, melihat banyaknya massa. Ada sekitar enam ruas jalan yang disiapkan: 

-Arus lalu lintas dari Jalan Gatot subroto arah Gedung DPR/MPR di belokkan kiri ke Jalan Gerbang Pemuda.

-Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda arah Jalan Gatot Dubroto, di putar balik di kolong layang Farmasi ke Jalan Gerbang Pemuda. 

-Arus lalu lintas dari tol dalam kota yang akan keluar di Offramp Pulo Dua diluruskan ke arah Tomang.

-Arus lalu lintas dari Jalan Palmerah Timur arah Jalan Gelora diluruskan Jalan Tentara Pelajar.

-Arus lalu lintas dari Jalan Asia Afrika arah Jalan Gelora dibelok ke kanan Jalan Gerbang Pemuda. 

-Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang pemuda arah Jalan Gelora dibelok kiri Jalan Asia Afrika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper