Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Lebaran, Terminal Bus Pulogadung Masih Sepi Penumpang

Penumpang yang akan diberangkatkan pada pool bus di Terminal Pulogadung masih terbilang cukup rendah.
Suasana di Loket PO Gunung Mulia, Pulogadung, Jakarta Timur dengan Tujuan Akhir Purwontoro, Senin 19 April 2022/Szalma Fatimarahma
Suasana di Loket PO Gunung Mulia, Pulogadung, Jakarta Timur dengan Tujuan Akhir Purwontoro, Senin 19 April 2022/Szalma Fatimarahma

Bisnis.com, JAKARTA –  Perusahaan Otobus (PO) belum mampu meraup keuntungan meski hari raya Idulfitri tinggal sebentar lagi.

Pantauan Bisnis di PO Gunung Mulia, salah satu agen bus di Pulogadung, Jakarta Timur, penumpang yang akan diberangkatkan pada pool tersebut masih terbilang cukup rendah.

Hanya terlihat sekitar 10 orang penumpang yang tengah menaiki bus dengan tujuan akhir Purwantoro. Selain itu, terlihat sekitar 6 orang calon penumpang yang tengah membeli tiket.

Malik Gunawan, salah satu pengurus PO Gunung Mulia cabang Pulogadung, Jakarta Timur menyebutkan bahwa pada Selasa, 19 April 2022, pool tersebut hanya mampu memberangkatkan 3 buah bus.

Jumlah tersebut tentunya dapat dikatakan sangatlah sedikit, melihat semakin dekatnya kedatangan hari lebaran 2022. “Kalau hari ini masih sepi, mungkin hanya 2 atau 3 armada yang akan diberangkatkan nanti,” ujarnya Selasa (19/4/22).

Malik menyebutkan bahwa lonjakan jumlah penumpang akan terjadi pada tanggal 27-29 April 2022. Jumlah armada yang akan diberangkatkan pada tanggal tersebut diperkirakan mencapai 10 bus perhari dari seluruh area pemberangkatan.

Namun, perlu diakui bahwa jumlah tersebut tentunya masih jauh berkurang, jika dibandingkan dengan mudik lebaran tahun 2019, dimana untuk tahun ini, tiket keberangkatan juga disebutkan belum 100% habis terjual.  

“Memang sudah mulai kembali normal, tapi memang masih sepi. Kalau untuk pemberangkatkan dari Jakarta saja bisa mencapai 9-10 bus perharinya, saat ini hanya 2-3 bus saja.”

Di sisi lain, menurut Malik, kurang diminatinya moda transportasi bus untuk mudik juga dipengaruhi oleh program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta. Program mudik gratis memiliki kuota penumpang sebanyak 19.680, dengan tujuan akhir ke 17 kota dan kabupaten di 5 provinsi Indonesia.

Rendahnya jumlah penumpang juga dialami oleh PO Raya. Menurut pantauan Bisnis di lokasi, pool PO Raya cukup terbilang sepi. Hanya terdapat 1 loket pembelian tiket dengan 2 orang pegawai yang siap melayani calon penumpang. Selain itu, terlihat 3 bus yang masih terparkir dengan rapih di area pool tersebut.

Bus tersebut tampak belum disiapkan untuk memulai perjalannya. PO Raya diketahui akan memberangkatkan 5-6 armada pada puncak arus mudik yaitu pada 28-30 April 2022.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper