Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mau Libur Lebaran ke Ragunan? Cek Harga Tiket dan Kapasitas Pengunjung

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan warga sebelum mengunjungi Kebun Binatang Ragunan Jakarta saat libur Lebaran 2022.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 30 April 2022  |  12:15 WIB
Sejumlah wisatawan menyaksikan Gajah sumatra (Elephas maximus sumatranus) di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Kamis (14/5/2021). - Antara\r\n
Sejumlah wisatawan menyaksikan Gajah sumatra (Elephas maximus sumatranus) di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Kamis (14/5/2021). - Antara\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Jakarta menjadi salah satu destinasi favorit warga saat libur Lebaran 2022. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengunjungi Ragunan.

Dilansir dari akun Instagram resmi Taman Margasatwa Ragunan (TMR) @ragunanzoo, Ragunan akan buka pada hari kedua Lebaran yaitu pada Selasa, 3 Mei 2022.

"Halo Sahabat Ragunan, untuk kamu yang ingin berlibur saat Idul fitri nanti, kita infokan ya kita akan buka pada hari kedua lebaran Selasa, 3 Mei 2022 dan hanya tutup di hari H lebaran Senin, 2 Mei 2022," tulis akun @ragunanzoo, Sabtu (30/4/2022).

Informasi tersebut juga dikonfirmasi Kepala UP TMR, Endah Rumiyati. Dia mengatakan tempat wisata ini baru akan mulai dibuka untuk kunjungan umum sehari setelah Idulfitri atau hari kedua lebaran.

"Kunjungan TMR mulai dibuka untuk umum sehari setelah Idulfitri 1443 Hijriah. Ini sesuai Peraturan Gubernur Nomor 63 tahun 2018 perihal optimalisasi pelayanan," ujar Endah Rumiyati dalam keterangan resmi, Sabtu (30/4/2022). 

Selain itu, warga yang akan berwisata ke TMR harus mendaftarkan diri secara online sehari sebelum kunjungan.

"Warga tidak bisa mendaftar kunjungan untuk jadwal beberapa hari ke depan. Pintu pengunjung yang dibuka di sisi utara dan barat," ujarnya.

Dia menambahkan, kapasitas kunjungan yang diizinkan setiap hari sebanyak 45.000 orang atau 75 persen dari total kapasitas pengunjung ke TMR.

"Pendaftaran online dibuka pagi hingga jumlah kuota pengunjung yang diizinkan habis," ungkapnya.

Ketentuan lain yang wajib dipenuhi pengunjung, lanjut Endah, adalah wajib vaksin dosis kedua untuk orang dewasa dan dosis pertama untuk anak anak.

"Pengunjung dewasa minimal sudah divaksin dosis kedua, dan anak-anak sudah vaksin dosis pertama," jelasnya.

Sementara itu, dikutip dari laman resmi Taman Marga Satwa Ragunan, harga tiket untuk dewasa ialah Rp4.000 per orang, sedangkan harga tiket untuk anak-anak Rp3.000 per orang.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi juga dikenakan biaya parkir yaitu sebesar Rp15.000 untuk bus besar, Rp12.000 untuk bus berukurang sedang, dan Rp6.000 untuk kendaraan pribadi atau minibus.

Bagi pengunjung yang membawa sepeda motor, maka biaya parkir dikenakan Rp3.000 per hari, dan untuk pengunjung yang membawa sepeda biaya parkirnya Rp1.000 per hari.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata lebaran idulfitri kebun binatang ragunan libur lebaran
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top