Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ulang Tahun Ke-495 Jakarta, Anies Baswedan Sebut Jakarta Tak Henti Berbenah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa Kota Jakarta tak henti berbebenah pada usianya yang hampir 500 tahun.
Pernita Hestin Untari
Pernita Hestin Untari - Bisnis.com 22 Juni 2022  |  09:32 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersyukur upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 Jakarta digelar pertama kali di lapangan upacara di sisi selatan Monas, Rabu (22/6/2022). JIBI - Bisnis/Pernita Hestin Untari
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersyukur upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 Jakarta digelar pertama kali di lapangan upacara di sisi selatan Monas, Rabu (22/6/2022). JIBI - Bisnis/Pernita Hestin Untari

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa Kota Jakarta tak henti berbebenah pada usianya yang hampir 500 tahun. Dia bersyukur upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 Jakarta digelar pertama kali di lapangan upacara di sisi selatan Monas, Rabu (22/6/2022).

Revitalisasi kawasan Monas diketahui sudah berlangsung sekitar dua tahun belakangan ini. Dari proses revitalisasi tersebut, Jakarta akhirnya memiliki lapangan khusus upacara di Plaza Selatan, Monas.

"Perjuangan kota kita hampir mencapai 500 tahun, kota ini tidak pernah berhenti untuk berbenah. Terus menerus melakukan pembaruan, termasuk tahun ini kali pertama kita selenggarakan upacara di lapangan sisi selatan Medan Merdeka," kata Anies dalam pidato di peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-495, Rabu (22/6/2022).

Kawasan Monas yang direvitalisasi pada akhir 2019 seharusnya sudah dibuka pada 2020. Namun, karena pandemi Covid-19 belum bisa digunakan.

"Akhirnya digunakan perdana saat peringatan HUT Jakarta hari ini. Lapangan yang kita gunakan, mencerminkan rencana awal pembangunan kawasan Monas, sisi selatan digunakan khusus untuk upacara. Alhamdulillah rencana itu kita tunaikan, setelah sebelumnya tidak punya lapangan khusus," papar Anies.

Dia juga menyinggung terkait istilah HUT yang diganti dengan Jakarta Hajatan. Istilah tersebut menurutnya memiliki makna selebrasi atas semua capaian, kerja keras dari seluruh untuk masyarakat.

"Karena itu lah kita bukan sekadar HUT, tapi juga Jakarta Hajatan," imbuhnya.

Setelah upacara, Jakarta Hajatan akan dilanjutkan dengan Sidang Paripurna peringatan HUT Ke-495 DKI Jakarta di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI.

Kemudian, rapat kerja Gubernur Anies dengan para pimpinan wilayah penyangga Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Puncak dan Cianjur (Jabodetabekpunjur).

Acara Jakarta Hajatan hari ini ditutup dengan malam resepsi yang digelar di Balairung Balai Kota Provinsi DKI Jakarta.

Perayaan Jakarta Hajatan sebelumnya dibuka dengan Opening Ceremony Jakarta 495 Anniversary Celebration and Digital Nomad Island Launching di Pulau Bidadari pada 24 Mei silam.

Kemudian, acara Jakarta Hajatan ke-495 juga diisi berbagai kegiatan lain di antaranya upacara ziarah di Taman Makan Pahlawan (TMP), Jakarta Concert di Taman Ismail Marzuki (TIM), Formula E, dan Jakarta Fair Kemayoran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Anies Baswedan hut jakarta monas
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top