Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nama Jalan Diganti, Dukcapil DKI Buka Layanan Penyesuaian Dokumen Mulai Hari Ini

Dukcapil DKI menyediakan layanan jemput bola penyesuaian dokumen kependudukan bagi masyarakat yang mengalami penggantian nama jalan. 
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 04 Juli 2022  |  10:50 WIB
Nama Jalan Diganti, Dukcapil DKI Buka Layanan Penyesuaian Dokumen Mulai Hari Ini
Kendaraan melintasi Jalan H Bokir Bin Dji'un yang baru diresmikan menggantikan nama sebelumnya Jalan Raya Pondok Gede ruas Jalan Raya Bogor - Tamini di Jakarta, Selasa (21/6/12022). Pemprov DKI Jakarta secara resmi mengganti nama 22 ruas jalan menggunakan nama-nama tokoh Betawi. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay - tom.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta menyediakan layanan jemput bola penyesuaian dokumen kependudukan bagi masyarakat yang mengalami penggantian nama jalan

Dikutip dari akun Instagram @dukcapiljakarta, Senin (4/7/2022), masyarakat diwajibkan untuk membawa dokumen pribadi seperti KTP, KK, dan KIA lama untuk proses pergantian menjadi dokumen baru.

Berikut jadwal dan lokasi pelayanan 4 Juli 2022:

1. Jakarta Selatan: Masjid Guru Amin dan SMK Karya Teladan

2. Jakarta Timur: Jl. H. Bokir Bin Dijun, Kelurahan Duku, RW.01, Sekretariat RW. 01

3. Jakarta Pusat: Jl. Raden Ismal RT.11/RW.04 Kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir

4. Jakarta Barat: Jl. Guru Ma’mun Pos RW.01, Kelurahan Rawa Buaya

5. Kepulauan Seribu: Jl. Habib Ali bin Ahmad RT.06/07 RW.03, Pulang Panggang dan Jl. Kyai H. Mursalin, RT.04/RW.02, Pulau Panggang

Dukcapil memastikan bahwa seluruh dokumen yang dimiliki oleh masyarakat yang tempat tinggal ataupun tempat usahanya terdampak perubahan sejumlah nama ruas jalan di DKI Jakarta, masih akan tetap dianggap sah dan legal sampai masa berlakunya habis.

Pihak Dinas Dukcapil akan secara bertahap melakukan perubahan terhadap tiap-tiap dokumen kependudukan yang dimiliki masyarakat dan dengan tanpa adanya pungutan biaya tambahan.

Selanjutnya, dokumen kependudukan baru tersebut, nantinya akan didistribusikan kepada masyarakat melalui bantuan kelurahan serta RT maupun RW setempat.

Adapun diimbau bagi masyarakat yang ingin mendapatkan dokumen kependudukan terbarunya dengan segera dan juga cepat, dapat secara langsung mendatangi kantor Dinas Dukcapil DKI Jakarta.

Sementara itu, perubahan sejumlah nama ruas jalan ini tidak hanya memengaruhi dokumen kependudukan milik masyarakat, namun juga beberapa dokumen keperluan berkendara, seperti STNK, SIM, dan surat-surat berlalu lintas lainnya.

Namun tidak perlu khawatir, Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi menegaskan bahwa seluruh surat berlalu lintas tersebut tidak diwajibkan untuk diganti apabila belum memasuki habis waktu pajak.

Lebih lanjut, Firman mengatakan bahwa pergantian data yang dimiliki oleh masyarakat dapat dilakukan setelah masa berlaku beberapa dokumen tersebut telah habis.

Adapun masyarakat dapat mengubah dokumen perizinannya secara mandiri, dengan cara mengakses sistem One Single Submission (OSS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jakarta nama jalan data kependudukan
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top