Kualitas Udara Jakarta Pagi Ini Sedang Tidak Sehat

Kualitas udara di DKI Jakarta menunjukkan tidak sehat pada hari ini, Jumat (22/7/2022) pukul 09.00 WIB.
Polusi udara Jakarta. Gambar diambil menjelang Asian Games tahun lalu./Reuters
Polusi udara Jakarta. Gambar diambil menjelang Asian Games tahun lalu./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Kualitas udara di DKI Jakarta menunjukkan tidak sehat pada hari ini, Jumat (22/7/2022) pukul 09.00 WIB.

Berdasarkan situs pemantau udara dunia, iqair.com indeks kualitas udara Ibu Kota mencapai 159.

Adapun konsentrasi polutan PM2.5 mencapai 71 mikrogram per meter kubik. Konsentrasi polutan tersebut jauh di ambang batas yang telah ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

WHO telah menetapkan nilai ambang batas  harian yakni kurang dari 25 mikrogram per meter kubik. Kendati demikian, kualitas udara di Jakarta dapat berubah-ubah setiap jam.

Bahkan pada jam-jam tertentu kualitas udara Jakarta dapat membaik. Terutama pada sore hari sekitar pukul 15.00-16.00 WIB.

Menurut catatan Nafas Indonesia pada Juni, polusi udara di Jakarta yang tertinggi masih pada pagi hari. Perbaikan udara baru terjadi pada jam 11.00 WIB sampai puncak di pukul 15.00 WIB.

Buruknya konsentrasi polusi udara pada pagi hari juga disebabkan atmosfer bumi atau Planetary Boundary Layer (PBL). Pada pagi hari suhu permukaan bumi jauh lebih rendah dan PBL rendah.

Akibatnya, polutan yang melayang di udara jatuh dan terkonsentrasi di dekat permukaan, mencemari udara pada pagi hari.

Maka, tidak disarankan untuk melakukan olahraga pada pagi hari, karena konsentrasi polutan PM2.5 yang tinggi mampu berdampak pada kesehatan manusia.

Bahkan menurut catatan Nafas Indonesia, ada 33 persen peningkatan risiko penyakit jantung apabila berolahraga setiap hari di saat PM2.5 lebih besar 26 mikrogram per meter kubik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper