Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pagar Tribun JIS Roboh, Ini Penjelasan Lengkap Jakpro

Jakpro memberikan penjelasan terperinci soal robohnya pagar pembatas tribun utara JIS.
Jakpro memberikan penjelasan terperinci soal robohnya pagar pembatas tribun utara JIS. /Antara
Jakpro memberikan penjelasan terperinci soal robohnya pagar pembatas tribun utara JIS. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau PT Jakpro buka suara soal robohnya pagar pembatas di Jakarta International Stadium (JIS) pada Minggu (24/7/2022).

VP Corporate Secretary PT Jakpro Nadia Diposanjoyo mengatakan bahwa pagar pembatas tersebut sejatinya memiliki fungsi untuk menjaga keselamatan antara penonton dan pemain.

"Sangat disayangkan bahwa malam kejadian karena euforia dan antusiasme yang sangat tinggi mengakibatkan fungsi pagar pembatas tidak digunakan sebagaimana mestinya, padahal pembuatan pagar penonton telah dibuat sedemikian rupa demi keselamatan bersama sebagaimana di persyaratkan pada standard stadion kelas internasional," katanya dalam keterangan resmi, Selasa (26/7/2022).

Nadia mengungkapkan bahwa pagar pembatas terdiri dari dua bagian yakni railing sisi depan dan horizontal Barrier. Selain untuk menjaga keselamatan, pagar pembatas tersebut juga untuk memastikan penonton tetap berada di tribun dan tidak memasuki lapangan.

Namun, lanjut Nadia, menjelang pertandingan persahabatan Persija melawan Chonburi
FC, antusiasme penonton semakin meningkat. Seiring berjalannya waktu, hampir seluruh tribun Tier 1 penuh, bahkan melebihi kapasitas tempat duduk yang tersedia.

"Dari kamera pemantau terlihat bahwa beberapa penonton ada yang menaiki horizontal barrier memasang spanduk, duduk, dan lain-lain," kata Nadia.

Padahal, sambungnya, struktur kekuatan horizontal barrier maupun peruntukannya tidak didesain sebagai tempat untuk berpijak maupun akses ke lapangan dan berpindah tribun.

Menurutnya, dengan adanya aktivitas penonton yang berpijak pada struktur tersebut berakibat pada beban tarik tambahan pada angkur kolom praktis yang menjadi tumpuan horizontal barrier tercabut.

"Hal ini menyebabkan horizontal barrier beserta pagar pembatas penonton pada sisi utara penonton roboh. Selain itu, penumpukan penonton dalam satu lokasi yang tidak sesuai kapasitasnya mengakibatkan tidak berjalannya prosedur yang sudah direncanakan, sehingga perilaku penonton tidak terkendali dan mengakibatkan tindakan yang diluar kontrol petugas di lapangan," paparnya.

Kedepan, Nadia mengatakan pihaknya akan akan memastikan di setiap pertandingan besar maupun gelaran lainnya, yang berpotensi euforia tinggi akan dilakukan penertiban dan pengawasan lebih ketat.

Upaya itu difokuskan pada lintas alur wara-wiri dan batas pengaturan penonton pada setiap zona.

Di sisi lain, Jakpro bersama KSO pelaksana pembangunan proyek JIS sehari setelah Grand Lauching JIS, 24 Juli 2022 kemarin, telah melakukan pengecekan kondisi seluruh dinding pembatas.

Tujuannya untuk memastikan kondisi dinding pembatas setelah acara. Kemudian, untuk mengantisipasi perilaku suporter yang tidak diinginkan, akan dilakukan penambahan kekuataan di area-area tertentu.

Adapun, gelaran Grand Launching Jakarta Internasional Stadium (JIS) sebelumnya diwarnai insiden robohnya pagar pembatas di tribun utara.

Berdasarkan pantauan Bisnis di lokasi, Minggu (24/7/2022), kejadian bermula saat suporter Persija Jakarta yang memadati tribun utara menaiki pagar pembatas tribun, sehingga kelebihan beban  yang membuat tiang pembatas tribun roboh.

Terlihat, hanya setengah dari pagar pembatas yang roboh di tribun utara, tetapi mengakibatkan satu orang terluka dan langsung ditangani petugas kesehatan.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar peresmian JIS dengan berbagai acara yakni pertandingan persahabatan internasional antara Persija (Indonesia) dan Chonburi FC (Thailand). Selain itu ada juga pertunjukan musik dari Dewa 19 feat Virzha, Kotak, dan Setia Band.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper