Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pagar Tribun JIS Roboh, Ini Penjelasan Lengkap Jakpro

Jakpro memberikan penjelasan terperinci soal robohnya pagar pembatas tribun utara JIS.
Pernita Hestin Untari
Pernita Hestin Untari - Bisnis.com 26 Juli 2022  |  22:09 WIB
Pagar Tribun JIS Roboh, Ini Penjelasan Lengkap Jakpro
Jakpro memberikan penjelasan terperinci soal robohnya pagar pembatas tribun utara JIS. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau PT Jakpro buka suara soal robohnya pagar pembatas di Jakarta International Stadium (JIS) pada Minggu (24/7/2022).

VP Corporate Secretary PT Jakpro Nadia Diposanjoyo mengatakan bahwa pagar pembatas tersebut sejatinya memiliki fungsi untuk menjaga keselamatan antara penonton dan pemain.

"Sangat disayangkan bahwa malam kejadian karena euforia dan antusiasme yang sangat tinggi mengakibatkan fungsi pagar pembatas tidak digunakan sebagaimana mestinya, padahal pembuatan pagar penonton telah dibuat sedemikian rupa demi keselamatan bersama sebagaimana di persyaratkan pada standard stadion kelas internasional," katanya dalam keterangan resmi, Selasa (26/7/2022).

Nadia mengungkapkan bahwa pagar pembatas terdiri dari dua bagian yakni railing sisi depan dan horizontal Barrier. Selain untuk menjaga keselamatan, pagar pembatas tersebut juga untuk memastikan penonton tetap berada di tribun dan tidak memasuki lapangan.

Namun, lanjut Nadia, menjelang pertandingan persahabatan Persija melawan Chonburi
FC, antusiasme penonton semakin meningkat. Seiring berjalannya waktu, hampir seluruh tribun Tier 1 penuh, bahkan melebihi kapasitas tempat duduk yang tersedia.

"Dari kamera pemantau terlihat bahwa beberapa penonton ada yang menaiki horizontal barrier memasang spanduk, duduk, dan lain-lain," kata Nadia.

Padahal, sambungnya, struktur kekuatan horizontal barrier maupun peruntukannya tidak didesain sebagai tempat untuk berpijak maupun akses ke lapangan dan berpindah tribun.

Menurutnya, dengan adanya aktivitas penonton yang berpijak pada struktur tersebut berakibat pada beban tarik tambahan pada angkur kolom praktis yang menjadi tumpuan horizontal barrier tercabut.

"Hal ini menyebabkan horizontal barrier beserta pagar pembatas penonton pada sisi utara penonton roboh. Selain itu, penumpukan penonton dalam satu lokasi yang tidak sesuai kapasitasnya mengakibatkan tidak berjalannya prosedur yang sudah direncanakan, sehingga perilaku penonton tidak terkendali dan mengakibatkan tindakan yang diluar kontrol petugas di lapangan," paparnya.

Kedepan, Nadia mengatakan pihaknya akan akan memastikan di setiap pertandingan besar maupun gelaran lainnya, yang berpotensi euforia tinggi akan dilakukan penertiban dan pengawasan lebih ketat.

Upaya itu difokuskan pada lintas alur wara-wiri dan batas pengaturan penonton pada setiap zona.

Di sisi lain, Jakpro bersama KSO pelaksana pembangunan proyek JIS sehari setelah Grand Lauching JIS, 24 Juli 2022 kemarin, telah melakukan pengecekan kondisi seluruh dinding pembatas.

Tujuannya untuk memastikan kondisi dinding pembatas setelah acara. Kemudian, untuk mengantisipasi perilaku suporter yang tidak diinginkan, akan dilakukan penambahan kekuataan di area-area tertentu.

Adapun, gelaran Grand Launching Jakarta Internasional Stadium (JIS) sebelumnya diwarnai insiden robohnya pagar pembatas di tribun utara.

Berdasarkan pantauan Bisnis di lokasi, Minggu (24/7/2022), kejadian bermula saat suporter Persija Jakarta yang memadati tribun utara menaiki pagar pembatas tribun, sehingga kelebihan beban  yang membuat tiang pembatas tribun roboh.

Terlihat, hanya setengah dari pagar pembatas yang roboh di tribun utara, tetapi mengakibatkan satu orang terluka dan langsung ditangani petugas kesehatan.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar peresmian JIS dengan berbagai acara yakni pertandingan persahabatan internasional antara Persija (Indonesia) dan Chonburi FC (Thailand). Selain itu ada juga pertunjukan musik dari Dewa 19 feat Virzha, Kotak, dan Setia Band.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jakpro Jakarta International Stadium persija dki jakarta
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top