Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Resmikan Taman Martha Christina Tiahahu, Anies: Bukti Jakarta Milik Bersama

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu pada Minggu (18/9/2022).
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 19 September 2022  |  05:57 WIB
Resmikan Taman Martha Christina Tiahahu, Anies: Bukti Jakarta Milik Bersama
Gubernur DKI Jakarta menyapa Warga di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu - Bisnis/Akbar Evandio.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan bahwa dengan meresmikan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu dengan nama pahlawan asal Abubu di Pulau Nusalaut, Maluku Tengah ini membuktikan bahwa Ibukota adalah milik seluruh masyarakat dengan ragam asal wilayah.

“Ini bukti, Jakarta adalah kota bagi semua. Kota milik bersama dan karena itulah namanya Martha Christina Tiahahu,” katanya saat meresmikan Taman Literasi Christina Martha Tiahahu di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Minggu (18/9/2022).

Anies menjelaskan bahwa Martha Christina Tiahahu merupakan seorang gadis kelahiran 1800 di Nusalaut, Maluku Tengah yang sudah mulai mengangkat senjata pada umur 17 tahun dikarenakan ingin melawan penjajah Belanda.

Menurutna, Martha Christina Tiahahu adalah pahlawan yang usianya paling muda, yaitu meninggal usia 18 tahun di kapal.

"Ketika menuju pengasingan dan tidak mau diobati oleh dokter Belanda. Tidak mau dia. Itu menggambarkan bahwa anak muda itu memang pemberani nyalinya besar. Dan Martha adalah salah satu sosoknya. Jadi Jakarta memang merangkul semuanya. Tidak hanya Betawi saja,” tuturnya.

Dia memastikan hingga akhir masa kepemimpinannya dirinya akan terus mendorong agar DKI Jakarta terus mengedepankan kesetaraan antardaerah.

“Itu yang selama ini kami lakukan. Kenapa bikin trotoar, kenapa bikin taman. Itu untuk perasaan kesetaraan,” katanya.

Untuk diketahui, Taman Literasi Martha Christina Tiahahu merupakan aman yang baru saja direvitalisasi ini merupakan bagian dari kawasan pembangunan berorientasi transit Blok M dan Sisingamangraja.

Berdasarkan pantauan Bisnis di lokasi pada Minggu (18/9/2022), Anies tiba sekitar pukul 16.32 WIB didampingi oleh istrinya, Fery Farhati. Anies tampak memakai kemeja biru beserta kain tenun Maluku.

Anies kemudian menutup sambutan dengan meresmikan hasil revitalisasi Taman Literasi Martha Christina Tiahahu. Peresmian ditandai dengan penabuhan Tifa, alat musik khas Maluku yang merupakan tempat kelahiran Martha Chistina Tiahahu.

"Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, pada hari ini, Minggu 18 September Tahun 2022 Taman Literasi Martha Christina Tiahahu secara remsi saya nyatakan digunakan," katanya.

Untuk diketahui, Taman Literasi Martha Chirstina Tiahahu dibangun untuk mengaktivasi ruang hijau dan publik kota DKI Jakarta. Hal ini juga demi mewujudkan program pemerintah daerah DKI Jakarta yang tertuang dalam Pergub Nomor 55 Tahun 2020 tentang panduan Rancang Kota (PRK) Kawasan Pembangunan Berorientasi Transit Blok M dan Sisingamaraja, di mana taman ini merupakan salah satu lokasi revitalisasi taman.

Sejumlah fasilitas terdapat di taman yang telah direvitalisasi ini. Di antaranya, taman ini memiliki enam plaza yaitu Plaza Utara, Plaza Kabaresi, Plaza Bunga, Plaza Selatan, Plaza Anak serta Plaza Timur. Kemudian Galeri Jakhabitat, Paviliun Literasi, Amphiteater Banda, Taman Atap Abubu, Plaza Kabaresi, akses menuju MRT, serta musala dan ruang menyusui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Anies Baswedan taman jakarta
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top