Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

WHO Sebut Pandemi Covid-19 Segera Berakhir, Jakarta Siap?

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengomentari pernyataan WHO yang menyebut bahwa pandemi Covid-19 akan segera berakhir.
Pernita Hestin Untari
Pernita Hestin Untari - Bisnis.com 28 September 2022  |  12:34 WIB
WHO Sebut Pandemi Covid-19 Segera Berakhir, Jakarta Siap?
Petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis ketiga (booster) pada Vaksinasi Booster Presisi Ditreskrimum Polda Metro Jaya di halaman Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (5/4/2022). Ditreskrimum Polda Metro Jaya menyelenggarakan vaksinasi booster jenis Pfizer dan Astrazeneca sebanyak 1000 dosis dan memberikan minyak goreng gratis untuk warga yang mengikuti kegiatan ini. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto - hp.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengomentari pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa pandemi Covid-19 akan segera berakhir. Dia mengatakan bahwa berakhirnya status pandemi di Indonesia, khususnya Jakarta merupakan kewenangan Pemerintah Pusat.

"Ya itu serahkan ke pempus [Pemerintah Pusat] kewenangan seperti itu bukan Pemprov [Pemerintah Provinsi DKI Jakarta]," kata Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Kendati demikian, Riza Patria memastikan bahwa pihaknya akan melaksanakan apapun yang menjadi kebijakan Pemerintah Pusat. Terlebih, dia mengklaim bahwa Pemprov DKI selalu berada di garda terdepan dalam penanganan Covid-19 di Ibu Kota.

"Mulai dari PCR, vaksin, semua pengendalian Covid-19 kami laksanakan, bagikan paket sembako [juga kami lakukan]," imbuhnya.

WHO sebelumnya menyatakan bahwa akhir dari pandemi Covid-19 sudah di depan mata. Mereka mengatakan hal tersebut pascakematian mingguan akibat Covid-19 di seluruh dunia berada pada level terendah sejak Maret 2020.

Menurut situs resmi WHO, angka kematian global mingguan pada 5 September 2022 adalah 11.118. WHO juga memperkirakan bahwa 19,8 juta kematian dapat dihindari pada tahun 2021 karena 12 miliar dosis vaksin Covid-19 telah diberikan di seluruh dunia.

“Kami tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengakhiri pandemi kami belum sampai di sana, tetapi akhir sudah di depan mata. Tapi sekarang adalah waktu terburuk untuk berhenti berlari. Sekarang saatnya untuk berlari lebih keras dan memastikan kami melewati batas dan menuai hasil dari semua kerja keras kami," kata Direktur Jenderal WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Kendati demikian, Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril mengingatkan pandemi Covid-19 belum berakhir sepenuhnya. Dia menilai pernyataan WHO tersebut bukan pengumuman akhir dari pandemi, tetapi hanya mengingatkan bahwa akhir pandemi harus diraih.

"Tanggal 14 September yang lalu Sekjen WHO mengumumkan tanda-tanda pandemi ini sudah di depan mata, tapi beliau mengingatkan, bukan semata-mata berakhir, tapi tanda-tanda itu harus dijemput," ungkap Syahril dalam diskusi virtual Meet the Expert: Kapan Pandemi Berakhir?, Jumat (23/9/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 who Vaksin Covid-19
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top