Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

KPKP DKI Pastikan Stok Pangan Kuartal I/2023 Masih Aman

KPKP DKI Jakarta menyataan stok pangan Kuartal I/2023 masih aman meskipun masih terjadi kenaikan harga.
Nabil Syarifudin Al Faruq
Nabil Syarifudin Al Faruq - Bisnis.com 13 Januari 2023  |  14:56 WIB
KPKP DKI Pastikan Stok Pangan Kuartal I/2023 Masih Aman
KPKP DKI Pastikan Stok Pangan Kuartal I/2023 Masih Aman - Ilustrasi stok pangan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati menyatakan stok pangan hingga kuartal I/2023 masih aman.

Suharini menyampaikan pihaknya telah membangun neraca bahan pangan. Neraca itu menunjukkan bahwa stok sembilan pangan strategi dalam kondisi aman. Secara terperinci, neraca tersebut dibagi dalam beberapa kelompok, di antaranya ditandai dengan warna hijau tua, hijau muda, dan kuning.

“Kami yakin stok pangan ketersediaan kami aman sampai Maret. Bulan Maret nanti pun kami akan menyusul lagi neraca bahan pangan bersama Badan Pangan Nasional untuk sampai Desember,” jelas Suharini saat ditemui di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Ragunan, Jakarta Selatan, Jumat (13/1/2022).

Mengenai harga, Suharini menyatakan sekarang ini masih pada masa peralihan dari periode Nataru, di mana terjadi banyak sekali lonjakan kebutuhan. Sebagaimana hukum pasar, semakin banyak permintaan, maka harga akan naik. Saat ini pun diketahui harga pangan masih mengalami kenaikan 1-7 persen.

“Harga tertinggi sejauh ini kami mencatat adalah telur. Kenapa telur? Karena banyak orang yang membuat kue dan hampers untuk diserahkan ke sanak saudara,” ujar Suharini.

Mengenai antisipasi menjelang Lebaran, Suharini menyampaikan pihaknya telah melakukan diskusi dengan berbagai pihak, salah satunya Pemprov DKI yang memiliki Satgas Pangan dan Tim Pengendali Inflasi Daerah.

“Setiap senin ini kami monitoring yang diawasi oleh Pak Mendagri. Tujuannya adalah untuk antisipasi kalau ada lonjakan harga. Ini merupakan salah satu strategi melakukan kerja sama antardaerah,” jelas Suharini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

stok pangan dki jakarta Natal dan Tahun Baru lebaran
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top