Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Cegah Golput, KPUD DKI Perlu Sinkronisasi Data

Sinkronisasi data perlu dilakukan terutama menyangkut pembaruan data terbaru pemilih di Ibukota DKI Jakarta
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 18 Januari 2023  |  22:29 WIB
Cegah Golput, KPUD DKI Perlu Sinkronisasi Data
KPUD DKI Jakarta perlu melakukan sinkronisasi data untuk mencegah terjadinya kesalahan administrasi pemilih. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Provinsi DKI Jakarta dinilai perlu memperkuat sinkronisasi data dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak pada 2024. 

Menurut Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono, penguatan sinkronisasi data perlu dilakukan terutama menyangkut pembaruan data terbaru pemilih di Ibukota DKI Jakarta, serta mengantisipasi golongan putih (golput) akibat administratif. 

Pada Pemilu terakhir, jelasnya, angka Golput akibat administratif mencapai 5 persen. Menjelang masa tahapan pemilihan yang akan dimulai Februari 2023, sinkronisasi diharapkan sudah diperkuat untuk menjamin hak pilih warga. 

“Sebab, banyak sekali didapatkan warga-warga penghuni rusun atau apartemen kehilangan hak pilih atau golput administratif. Akhirnya mereka enggan datang ke TPS untuk coblosan,” kata Mujiyono dalam siaran pers, Rabu (18/1/2023). 

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta Budi Awaludin mengaku sudah membangun komunikasi intensif dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta. 

“KPU Provinsi dan kami sudah dialog bersama antara KPU dan Dinas Dukcapil terkait tantangan-tantangan di 2024 dan beberapa perubahan-perubahan terkait pemanfaatan data Dukcapil di dalam rangka persiapan pemilu. Ini akan menjadi rutin menjelang Pemilu," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pemilu 2024 dki jakarta
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top