Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Heru Budi Sesumbar Ekonomi Jakarta Tumbuh 6,4 Persen pada 2024

Heru Budi Hartono memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Jakarta pada tahun 2024 tumbuh 6,4 persen.
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam rapat Koordinasi Pencegahan Korupsi bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (15/12/2022).  JIBI/Bisnis-Pernita Hestin Untari
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam rapat Koordinasi Pencegahan Korupsi bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (15/12/2022). JIBI/Bisnis-Pernita Hestin Untari

Bisnis.com, JAKARTA — Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Jakarta mencapai 6,4 persen pada tahun 2024.

Heru menyampaikan bahwa perekonomian DKI Jakarta pada 2022 tumbuh 5,25 persen. Sedangkan inflasi terjaga di kisaran 3 persen secara year on year (yoy). Capaian ini merupakan kabar baik di tengah prediksi perlambataan ekonomi pada 2023. 

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), perekonomian DKI Jakarta pada 2023 diperkirakan tumbuh di kisaran di 5-5,8 persen. Angka ini melambat dibandingkan 2022 karena kondisi ekonomi global yang belum kondusif.

“Sementara itu, untuk perekonomian Jakarta juga diproyeksikan tumbuh 6,4 persen pada 2024,” jelas dia dalam keterangan, Selasa (14/2/2023).

Kendati demikian, Heru menekankan bahwa Jakarta sebagai kota global perlu sigap dalam mengantisipasi kemungkinan penurunan kondisi perekonomian dampak dari konflik internasional. "Menyikapi kondisi tersebut maka ketahanan Jakarta dalam menghadapi berbagai kondisi sangat diperlukan," ujar dia.

Dalam forum konsultasi publik RKPD 2024, Heru Budi juga berpesan kepada Kepala Perangkat Daerah untuk memastikan program pembangunan daerah yang direncanakan harus mampu memacu pertumbuhan yang berkualitas baik di bidang ekonomi, sosial dan lingkungan hidup. Sehingga target pembangunan 2024 tercapai dengan efektif dan efisien.

“Program prioritas meliputi penanganan banjir, kemacetan, tata ruang, hingga penanganan kemiskinan ekstrem dengan target 0 persen pada 2024, serta target angka stunting turun di bawah 5 persen,” jelasnya.

Heru Budi juga menekankan supaya orientasi penganggaran tidak hanya fokus ke output, tetapi juga harus mencapai outcome dan memberikan manfaat bagi masyarakat banyak, serta memedomani prinsip-prinsip efisiensi dan efektivitas anggaran belanja.

Sebagai informasi, dalam forum konsultasi publik RKPD 2024 Heru Budi menyampaikan arah pembangunan Kota Jakarta adalah peningkatan ketahanan kota melalui penguatan ekonomi dan pemantapan kualitas pelayanan dasar.

Arah kebijakan tersebut sesuai dengan perencanaan dalam dokumen Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2023-2026.

Menurutnya, forum konsultasi Publik RKPD Tahun 2024 ini menjadi kesempatan yang baik bagi Pemprov DKI dan seluruh pemangku kepentingan untuk saling berkolaborasi, bersinergi, sekaligus berbagi masukan.

Oleh karena itu, Heru meminta masukan dari seluruh pemangku kepentingan untuk menjadi bahan dalam penyempurnaan perencanaan pembangunan Jakarta tahun 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper