Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Taman Marga Satwa Ragunan Mulai Buka Hari Ini, Cek Cara Beli Tiketnya Disini!

Taman Margasatwa Ragunan mulai beroperasi kembali hari ini (23/4/2023) setelah kemarin tutup pada hari pertama Lebaran. Cek cara beli tiketnya disini.
Taman Margasatwa Ragunan. /Bisnis.com
Taman Margasatwa Ragunan. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta bisa menjadi salah satu destinasi wisata rekreasi untuk menikmati liburan Lebaran 2023 atau Idulfitri 1444 H bersama keluarga.

Para pengunjung sudah mulai bisa untuk mengunjungi kebun binatang tersebut per hari ini (23/4) setelah kemarin (22/4) tutup karena bertepatan dengan hari Raya Idulfitri.

“Untuk di hari Sabtu, 22 April 2023 yang bertepatan dengan hari pertama Idulfitri kami akan tutup ya, untuk sahabat ragunan yang ingin berkunjung bisa datang di hari Minggu,23 April 2023” tulis akun Instagram Taman Margasatwa Ragunan, @ragunanzoo.

Para pengunjung yang ingin datang ke Ragunan dapat memesan tiket, baik secara daring (online) maupun luring (offline) dengan jam operasional dibuka pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. 

Untuk pembelian tiket secara daring, para pengunjung dapat mengunduh aplikasi Taman Margasatwa Ragunan di Playstore lalu mengikuti tata cara yang sudah tersedia. 

Sementara itu, pembelian tiket secara luring dapat dilakukan dengan mengisi ulang kartu Jakcard. Untuk saldo senilai Rp20.000 dikenakan harga sebesar Rp40.000. Adapun pengisian saldo senilai Rp50.000 ditetapkan seharga Rp75.000.

Berdasarkan pantauan Bisnis, Sabtu (22/4/2023), ketidaktahuan jadwal operasional membuat puluhan orang berjejal di dekat pintu masuk Ragunan. Sebagian dari mereka beristirahat setelah melalui perjalanan panjang dari rumah masing-masing.

“Saya kira Ragunan buka, tahunya tutup,” ujar Adi (34) salah seorang warga asal Sentul, Jawa Barat, yang baru saja tiba di dekat pintu masuk Ragunan.

Adi datang bersama istri dan anaknya menggunakan sepeda motor. Raut wajahnya seolah menyiratkan batas tipis, antara kekecewaan sekaligus kelelahan. Trayek Sentul-Jakarta memang bukan perjalanan singkat, apalagi dengan sepeda motor,

Daripada putar balik ke rumah, Adi memutuskan untuk beristirahat sejenak tak jauh dari pintu masuk Ragunan. Dia bersama keluarga akhirnya menyantap bekal makanan di depan ruko yang tutup, bukan di bawah rindangnya pepohonan Taman Margasatwa Ragunan.

Petugas Jalur Transjakarta, Farhan (28), memperkirakan bahwa sedikitnya ada ratusan orang yang datang mengunjungi Ragunan pada hari ini.

“Dari jam 09.00 [WIB] sudah ada yang datang, kalau dijumlahkan mungkin ada ratusan orang yang menyangka Ragunan buka hari ini,” tuturnya.

Berdasarkan informasi di situs resminya, Taman Margasatwa Ragunan tercatat memiliki luas sebesar 147 hektar dan dihuni lebih dari 2.000 ekor satwa.  

Taman Margasatwa ini merupakan tempat rekreasi yang paling mudah dijangkau di dalam kota. Satwa-satwa dan taman lansekapnya luas, disertai dengan pohon-pohon besar, menjadi daya tarik bagi keluarga untuk menghabiskan waktu liburan. 

Taman Margasatwa Ragunan didirikan pada tahun 1864. Sebelumnya, kebun binatang ini berlokasi di Jakarta Pusat yang kemudian dipindahkan ke Jakarta Selatan pada 1966.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler