Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPS DKI Sebut Inflasi Jakarta Turun 0,32 Persen pada Juni 2023

BPS DKI mengumumkan tingkat inflasi Jakarta turun ke level 3,20 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang berada di 3,52 persen.
BPS DKI Sebut Inflasi Jakarta Turun 0,32 Persen pada Juni 2023/Freepik
BPS DKI Sebut Inflasi Jakarta Turun 0,32 Persen pada Juni 2023/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta menyatakan tingkat inflasi Jakarta mengalami penurunan sebesar 0,32 persen pada Juni 2023. Adapun angka ini menjadi yang terendah sejak Juli 2022.

Dilansir dari data BPS DKI, Minggu (16/7/2023), tingkat inflasi tahunan DKI Jakarta pada bulan Juni 2023 berada pada angka 3,20 persen, atau turun sebesar 0,32 persen dibandingkan bulan sebelumnya (month-to-month/mom) yang berada di angka 3,52 persen.

Catatan itu dilihat berdasarkan kelompok pengeluaran yang terdiri dari transportasi, perawatan pribadi dan jasa lainnya. Kemudian perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga.

Selanjutnya, perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga. Lalu makanan, minuman, dan tembakau. Penyediaan makanan dan minuman, serta kesehatan.

Kelompok lainnya adalah rekreasi, olahraga, dan budaya, kelompok pendidikan, kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan, serta pakaian, dan alas kaki.

Dari segmen tersebut, sembilan dari sebelas kelompok pengeluaran mengalami inflasi. Namun, kelompok dengan tingkat inflasi tertinggi adalah kelompok transportasi sebesar 8,78 persen yang memiliki share terbesar terhadap inflasi dengan 1,00 persen.

Tingginya inflasi pada kelompok tersebut dipengaruhi oleh kenaikan harga pada bensin, angkutan kota, dan angkutan kereta api yang terjadi pada bulan-bulan sebelumnya.

Berikutnya, kenaikan harga komoditas beras, rokok kretek filter, dan daging ayam ras menyebabkan inflasi pada kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 2,95 persen yang berkontribusi sebesar 0,66 persen terhadap inflasi secara keseluruhan.

Kemudian inflasi terendah terjadi pada kelompok pengeluaran pendidikan 1,32 persen. Kelompok ini memiliki andil sebesar 0,08 persen terhadap inflasi secara umum.

Sedangkan dua kelompok yang mengalami deflasi pada periode ini adalah kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan, dan kelompok pakaian serta alas kaki masing masing dengan -0,29 persen dan -0,72 persen.

Sebagai tambahan informasi, tingkat inflasi Jakarta pada Juni 2023 berada pada posisi kedua terkecil jika dibandingkan dengan inflasi pada kota satelit. 

Kota Bekasi mengalami inflasi tertinggi dengan 4,30 persen, sedangkan yang terendah adalah Kota Tangerang dengan 2,98 persen.

Selain Tangerang, jika dibandingkan dengan kota lain di Pulau Jawa, DKI Jakarta berada di urutan ketiga dengan inflasi terendah setelah Kota Semarang yang mengalami inflasi dengan nilai 2,95 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper