Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puncak Arus Balik Lebaran, Pemudik Padati Stasiun Gambir

Para pemudik baik yang berangkat maupun pulang dari kampung halaman masih memadati Stasiun Gambir.
Penumpang kereta masih padati area tunggu keberangkatan di Stasiun Gambir pada Minggu 14 April 2024/Dwi Rachmawati.
Penumpang kereta masih padati area tunggu keberangkatan di Stasiun Gambir pada Minggu 14 April 2024/Dwi Rachmawati.

Bisnis.com, JAKARTA - Para pemudik baik yang berangkat maupun pulang dari kampung halaman masih memadati Stasiun Gambir, Jakarta Pusat pada periode arus balik pemudik, 14 April 2024 atau H+4 lebaran Idulfitri.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com di Stasiun Gambir, terlihat kepadatan penumpang terjadi di pintu keberangkatan maupun kedatangan. Tenant-tenant frainchise di dalam stasiun pun dipenuhi oleh pemudik yang baru tiba maupun pemudik yang tengah menunggu waktu keberangkatan.

Di pintu kedatangan, deretan mobil tengah mengantri untuk menjemput pemudik yang baru tiba di Stasiun Gambir. Namun, keramaian penumpang cenderung lebih tinggi terjadi di ruang tunggu keberangkatan. Sementara lalu lintas di sekitar Stasiun Gambir terlihat lengah tanpa kemacetan.

Adi, salah seorang penumpang kereta api asal Semarang baru tiba di Stasiun Gambir hari ini. Dirinya baru kembali ke Jakarta setelah mudik ke kampung halaman di Semarang saat lebaran.

"Baru balik mudik dari Semarang. Balik hari ini, karena besok sudah mulai kerja," ujarnya saat ditemui di Stasiun Gambir, Minggu (14/4/2024).

Sementara itu, Rohmat seorang penumpang Kereta Sembrani tujuan Surabaya Pasar Turi mengatakan baru akan melakukan perjalanan ke Surabaya untuk mudik.

Dia memilih mudik pasca-lebaran karena sebelumnya tidak mendapatkan tiket keberangkatan sebelum lebaran. Namun, menurutnya, keputusannya mudik usai lebaran juga bertepatan dengan acara pernikahan keluarganya di Surabaya.

"Kemarin enggak kebagian tiket, tapi juga ini juga pas-pas ada acara hajatan keluarga habis lebaran," jelasnya.

Adapun PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memprediksi puncak arus balik penumpang kereta api ke Jakarta terjadi pada hari ini 14 April 2024 mencapai 47.317 orang.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko merinci, dari jumlah kedatangan tersebut, sebanyak 15.200 penumpang akan turun di Stasiun Gambir, 18.000 penumpang turun di Pasar Senen, 6.000 penumpang turun di Stasiun Bekasi, Dan sisanya turun di Stasiun Jatinegara, Cikampek, Karawang, Cikarang dan Jakarta Kota.

"Puncak arus balik diprediksi  mulai dari hari ini (14/4) hingga 3 hari kedepan, untuk hari ini kedatangan ke Daop 1 Jakarta baik itu Stasiun Gambir, Pasarsenen dan beberapa Stasiun lainnya mencapai 47.317 penumpang dan masih bisa bertambah jumlahnya," kata Ixfan dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (14/4/2024).

Sebelumnya, KAI juga mengumumkan resmi menambah perjalanan kereta api (KA) tambahan relasi Yogyakarta-Gambir (pp) untuk mengakomodir arus balik Lebaran 2024. 

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan jadwal kereta api tambahan relasi Yogyakarta-Gambir itu ditetapkan selama 16 - 18 April 2024 dan relasi Gambir - Yogyakarta pada 17-19 April 2024. 

Adapun, tiket kereta api tambahan tersebut, sudah dapat dibeli mulai hari ini, Minggu 14 April 2024 melalui seluruh channel penjualan tiket KA tersedia. Sementara di loket stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Dia merinci, untuk KA (KP 10555) Tambahan relasi Yogyakarta - Gambir jadwal keberangkatannya dari Stasiun Yogyakarta mulai pukul 23.40 WIB dan tiba di Stasiun Gambir pukul 07.10 WIB. Sementara KA (KP 10574) Tambahan relasi Gambir - Yogyakarta jadwal keberangkatannya dari Stasiun Gambir pukul 12.45 WIB dan tiba di Stasiun Yogyakarta pukul 20.25 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper