Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap-siap Warga DKI Sambut Aplikasi Pintar CROP

Untuk merespon cepat pengaduan dari masyarakat, Pemerintah Provinsi DKI akan meluncurkan aplikasi Cepat Respon Opini Publik (CROP). Aplikasi mobile ini akan menerima laporan seputar permasalahan Ibu Kota dengan mengunggah foto kejadian dan lokasi.
Bisnis.com, Jakarta - Untuk merespon cepat pengaduan dari masyarakat, Pemerintah Provinsi DKI akan meluncurkan aplikasi Cepat Respon Opini Publik (CROP). Aplikasi mobile ini akan menerima laporan seputar permasalahan Ibu Kota dengan mengunggah foto kejadian dan lokasi.
 
CROP bakal mempublikasikan lokasi seputar kependudukan, kebersihan, perhubungan, bencana, sosial, pajak, dan sebagainya yang terintegrasi dengan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.
 
Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Kehumasan DKI Agus Bambang Setyowidodo mengatakan pajak merupakan hal terpenting yang perlu diketahui oleh Pemprov DKI dan warga. Melalui aplikasi pintar tersebut Pemprov DKI bisa melihat potensi pajak yang masuk.
 
Potensi pajak hotel, restoran, dan lain-lain akan terlihat dalam rangka transparasi data, ujarnya.
 
Kepala Seksi Data dan Informasi Kehumasan Diskomifomas DKI Alberto Ali menuturkan masing-masing SKPD memiliki website pengaduan, namun tidak memiliki respon yang cepat. Menurutnya, sistem jaringan yang baru ini akan mempersatukan laporan warga yang diolah oleh Pemprov DKI untuk selanjutnya direspon oleh dinas terkait.
 
Aplikasi ini akan menampilkan trending topic yang muncul berdasarkan jumlah aduan terbanyak dari masyarakat yang dirangkum per pekan. Pembicaraan yang tren akan diadukan kepada Gubernur untuk kemudian menjadi bahan pertimbangan kebijakan.
 
Trending topic-nya dari masyarakat yang kita kumpulkan. Tanpa sadar, keluhan warga terdengar oleh pemerintah, ujar Alberto.
 
Aplikasi CROP sudah bisa diunduh pada Selasa (25/11) dan bisa diunduh secara gratis melalui Play Store. Soft ware ini akan terus berkembang seiring dengan perubahan data dan informasi seputar DKI serta kemajuan teknologi. Sedangkan peluncuran resminya akan dilaksanakan pada Desember mendatang.
 
Selain melalui CROP, kanal pengaduan bisa melalui Facebook, Twitter, pesan pendek, dan telepon resmi Pemprov DKI sehingga siapa saja bisa lapor cepat tanpa respon lambat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Veronika Yasinta

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper