Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

APBD DKI: Dari 6.000 Kegiatan Baru 4 yang Dilelang

Dari total 6.000 kegiatan yang dianggarkan Pemerintah Provinsi DKI, baru empat yang sudah selesai dilelang. Padahal, batas waktu penyerapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tinggal enam bulan lagi.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Dari total 6.000 kegiatan yang dianggarkan Pemerintah Provinsi DKI, baru empat yang sudah selesai dilelang. Padahal, batas waktu penyerapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tinggal enam bulan lagi.

Berdasarkan data dari Badan Penyelenggara Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ), empat kegiatan di Ibu Kota yang telah menyelesaikan proses lelang adalah pengadaan pakan ternak kering dan pakan hidup atau daging di Taman Margasatwa Ragunan, buku rapor semua tingkat sekolah, pelaksanaan Asian Golf Tourism Convention, dan proyek Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI).

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengatakan tetap optimistis pelaksanaan lelang kegiatan di Ibu Kota bakal tercapai meski saat ini jumlah lelang yang telah selesai sangat sedikit.

"Saya masih optimis lelang bakal tercapai. Saya akan mendorong satuan kerja pemerintah daerah (SKPD) agar segera menyelesaikan dokumen persyaratan lelang," ujarnya di Balai Kota, Senin (11/5/2015).

Selain menggenjot para SKPD, dia juga mengatakan saat ini penyelenggaraan lelang tidak lagi terpusat di tingkat provinsi.

Pemprov DKI menggelar lelang di 7 tempat, yaitu 1 provinsi, 5 wilayah kota, dan 1 kota administrasi.

"Tujuh lokasi lelang itu akan dikoordinasikan oleh Badan Penyelenggara Penyedia Baran dan Jasa. Lelang segera kami jalankan supaya tidak menghambat pembangunan di Ibu Kota," imbuhnya.

Pemprov DKI menetapkan waktu sekitar 2 minggu atau hingga akhir Mei 2015 bagi para SKPD untuk menyelesaikan dokumen persyaratan lelang tiap kegiatan.

"Kami akan evaluasi SKPD mana yang sudah dan belum menyerahkan persyaratan lelang setiap minggunya. Kita hitung Senin ini ada berapa yang kasih, minggu depan juga begitu. Pokoknya kita kejar terus," ujar Saefullah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper