Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aktivis Jalanan Ikut Nyalon di Pilkada Depok

Aktivis sosial pendiri rumah musik jalanan dan rumah baca Depok, Andi Malewa, 33, menyatakan siap maju di ajang Pilkada Kota Depok yang akan digelar pada Desember 2015.

Bisnis.com, BOGOR--Aktivis sosial pendiri rumah musik jalanan dan rumah baca Depok, Andi Malewa, 33, menyatakan siap maju di ajang Pilkada Kota Depok yang akan digelar pada Desember 2015.

Dia mengatakan kesiapan untuk menjadi calon wakil wali kota Depok tersebut lantaran diajak oleh pakar tata ruang Emil Dardak yang juga anak mantan Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak.

"Saya ini latar belakangnya aktivis sosial, tidak pernah terlintas sama sekali ingin menjadi pejabat daerah. Tapi ketika Emil melamar saya untuk jadi bakal calon wakilnya, saya siap," ujarnya saat dihubungi Bisnis.com, Rabu (13/5/2015).

Menurutnya, salah satu permasalahan Kota Depok yang harus dibenahi adalah tata kota dan ruang yang dinilainya semrawut. Selain itu, persoalan sosial dan pendidikan di Depok yang dinilai sangat menghawatirkan harus segera dibereskan.

Lulusan terbaik Universitas Pancasila itu mengatakan selama ini dirinya telah membangun kegiatan sosial yang berfokus pada pendidikan anak jalanan. Hal itu dilakukan karena dia menilai anak jalanan tersebut berhak memeroleh pendidikan layak.

Andi menuturkan, pihaknya siap mengumpulkan sekitar 106.000 lebih dukungan yang dikumpulkan melalui kartu tanda penduduk (KTP) sebagai syarat pendaftaran dari jalur independen.

Dia akan memanfaatkan jaringan komunitas, mahasiswa, pelajar, pengamen jalanan, dan basis lainnya untuk mengumpulkan KTP tersebut. Andi optimistis persyaratan pengajuan yang ditetapkan KPU akan tercapai, bahkan bisa melebihi jumlah yang ditetapkan.

"Tentu saya punya jaringan sendiri, Emil juga punya jaringannya sendiri. Jadi jika dikumpulkan, KTP yang ditetapkan sebagai syarat akan terpenuhi," katanya.

Ketertarikan Andi menjadi bakal calon wakil wali kota Depok mendampingi Emil Dardak lantaran dirinya sudah tidak percaya lagi dengan partai politik.

"Kami maju dari jalur independen karena kami satu persepsi dan sepemahaman bahwa berpolitik melalui partai saat ini banyak mengecewakan," ujarnya.

Pria yang ijazahnya tidak pernah diambil itu menambahkan komunikasi yang dibangun dengan Emil Dardak baru dilakukan pada pekan ini. Dia menyatakan siap maju mendampingi Emil karena telah menemukan satu kesamaan visi dan misi.

Dihubungi terpisah, Emil Dardak belum memberikan pernyataan resminya. "Sebentar, ponsel saya lowbat, nanti dikabari," ujar Emil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper