Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengelolaan GOR Siap Dilelang, Penguasa Bisa Bangun Gedung Perkantoran

Kepala Badan Pengelola Aset dan Keuangan Daerah (BPKAD) Heru Budi Hartono mengatakan proposal yang disiapkan adalah pengelolaan gedung serba guna (multi purpose building/MPB).

Bisnis.com, JAKARTA--Kepala Badan Pengelola Aset dan Keuangan Daerah (BPKAD) Heru Budi Hartono mengatakan proposal yang disiapkan adalah pengelolaan gedung serba guna (multi purpose building/MPB).  

Lebih lanjut, dia mengatakan, bagi pengusaha yang ingin membangun GOR dapat mengombinasikannya dengan gedung lain. Salah satunya adalah menggabungkan GOR dengan gedung perkantoran.

"Kami membuka kesempatan jika pengusaha ingin membangun gedung perkantoran di area gelanggang olahraga. Jadinya lantai dasar GOR, atas kantor ya high rise MPB. Namun, ini disesuaikan dengan karakteristik masing-masing lokasi," ujarnya di Balai Kota, Senin (25/5/2015).

Untuk proyek percontohan, Heru menyiapkan proposal lelang pembangunan GOR di Tebet, Jakarta Selatan. Rencananya, Pemprov DKI menghendaki pengelolaan dan perawatan semua pusat olahraga di Jakarta dibawah naungan swasta.

"Selain GOR, kami juga berencana mengalihkan pengelolaan fasilitas umum lain untuk dikelola pengusaha. Misalnya, halte bus dan taman," kata Heru.

Pemerintah DKI Jakarta berencana menawarkan pengelolaan gelanggang olah raga (GOR) di Ibu Kota kepada pihak swasta. Langkah tersebut dilakukan Pemprov DKI untuk meminimalisasi biaya perawatan fasilitas umum.

Latar belakang pemerintah menawarkan pengelolaan GOR ke pihak swasta lantaran biaya perawatan (maintenance) yang dibayarkan pemerintah terbilang besar. Menurutnya, Pemprov DKI harus merogoh dana Rp5 miliar-Rp10 miliar untuk biaya perawatan tiap GOR saban tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper