Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saksikan Besok, Dodol Betawi 4.000 Meter Diklaim Terpanjang di Dunia

Dodol terpanjang se-dunia dengan panjang 4.000 meter dan lebar 2,5 centimeter akan segera hadir di acara Bekasi Zaman Now pada Minggu (11/2/2018).
Dodol Betawi/Antara
Dodol Betawi/Antara

Bisnis.com, BEKASI - Dodol terpanjang se-dunia dengan panjang 4.000 meter dan lebar 2,5 centimeter akan segera hadir di acara Bekasi Zaman Now pada Minggu (11/2/2018).

Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) melibatkan 30 pengusaha untuk memproduksi dodol terpanjang di dunia versi Musium Rekor Dunia-Indonesia (Muri) itu.

"Dodol ini memiliki panjang 4.000 meter dengan lebar 2,5 centimeter yang akan kita tampilkan di acara Bekasi Zaman Now pada Minggu (11/2/2018)," kata Ketua Umum APJI Ayu Mulyadi di Bekasi, Jumat  (9/2/2018) sore.

Menurut dia, dodol itu diklaim terpanjang di dunia yang akan memperoleh pengakuan rekor Muri dalam acara yang digelar di Jalan Boulevard Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi mulai pukul 06.00-17.00 WIB.

Ia menyebut pihaknya akan mengerahkan 30 pengusaha dodol tradisional Betawi di Kota Bekasi yang mayoritasnya merupakan pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM).

Dodol tersebut rencananya akan dibagikan kepada para pengunjung acara Bekasi zaman Now pada Minggu (11/2/2018) pukul 16.30 WIB.

"Ini adalah produk dodol percontohan pertama di Bekasi. Kota Bekasi miliki potensi bagus dalam produksi dodol," katanya.

Ayu mengatakan bahan baku yang akan digunakan salah satunya kelapa parut dengan takaran satu buah kelapa per kilogram dodol ditambah terigu.

"Kita punya sistem pembuatan sendiri. Total bahan baku yang digunakan bisa mencapai ratusan kilogram," katanya.

Menurut Ayu, penampilan dodol terpanjang itu sekaligus memberdayakan para produsen dodol di Kota Bekasi yang selama ini jarang menerima pemesanan di luar Hari Raya Idul Fitri.

"Pedodol ini biasanya hanya berproduksi kalau Hari Raya Idulfitri. Mereka jangan bekerja di hari besar saja, makanya kita libatkan dalam acara ini," katanya.

Dodol yang akan dibagikan kepada pengunjung acara yang diprediksi sebanyak 200.000 pengunjung itu memiliki rasa orisinal Dodol Betawi.

Sementara itu, acara Bekasi Jaman Now digagas oleh Nasi Putih Production selaku penyelenggara acara bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI).

"Selain menampilkan dodol terpanjang, kami juga menyuguhi pengunjung dengan hiburan artis nasional dari kalangan musisi dan presenter serta penyediaan sejumlah pelayanan publik dari Pemerintah Kota Bekasi, kepolisian dan lainnya," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper