Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Motor Gratis, Jangan Lupa Pendaftaran Mulai Senin (22/7)

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat mulai menyosialisasikan bagi pemudik sepeda motor gratis, dengan tujuan Solo dan Purwokerto yang diangkut truk khusus. Siaran pers Pusat Komunikasi Publik Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat mulai menyosialisasikan bagi pemudik sepeda motor gratis, dengan tujuan Solo dan Purwokerto yang diangkut truk khusus.

Siaran pers Pusat Komunikasi Publik Kemenhub yang diterima Minggu (14/7) menyebutkan jumlah sepeda motor yang rencananya  diangkut maksimal sebanyak 250 unit, masing-masing 150 motor tujuan Solo dan 100 unit tujuan Purwokerto.

Sepeda motor yang akan diangkut harus memenuhi persyaratan berikut, antara lain tidak boleh ada modifikasi atau aksesoris tambahan, kaca spion wajib dilepas, dan dibawa oleh pemilik motor/ calon pemudik, harus ada penyangga/standar tengah (standar dua), dan harus dilengkapi dengan pegangan belakang.

Selain itu, ukuran roda dan ban standar atau sesuai dengan spesifikasi pabrik, tidak diperbolehkan ada box baik di samping kiri/kanan maupun di belakang, bensin sepeda motor pada saat akan diangkut harus dalam keadaan kosong, dan pada saat di tempat tujuan akan diberikan jatah bensin sebanyak satu liter per motor.

Para pemudik dapat menitipkan kunci kepada petugas ekspedisi/panitia pelaksana, memiliki STNK dan SIM yang sah dengan nama pemegang/pemilik yang sama, serta wajib membawa STNK, SIM, KTP asli beserta fotokopi masing-masing sebanyak dua lembar.

Tempat pendaftaran ditetapkan di kantor Kementerian Perhubungan, Lobi Gedung Cipta Lantai Dasar, pada hari kerja mulai Senin, 22 Juli sampai dengan Rabu, 31 Juli (sampai memenuhi kuota) dimulai pada pukul 08.00 - 15.00 WIB.

Bagi yang sudah mendaftar, diminta agar dapat menyerahkan kendaraannya kepada petugas untuk dimuat di atas truk pada Kamis, 1 Agustus di halaman kantor Perum PPD Cawang, Jakarta Timur mulai pukul 13.00 WIB - 18.00 WIB.

Sementara pemberangkatan akan dilakukan pada Jumat, 2 Agustus pukul 15.00 WIB bertempat di halaman Kantor Pusat Perum PPD Depo E Klender Jl. Raya Bekasi, Klender-Jakarta Timur.

Tempat pengambilan motor yang diangkut ke Solo dan Purwokerto dapat diambil pada Minggu, 4 Agustus 2013 mulai pukul 08.00 WIB di kota masing-masing.

Di Solo, tempat pengambilan di Kantor Dinas Perhubungan Kota Surakarta, sedangkan di Purwokerto, tempat pengambilan di Terminal Bus Purwokerto.

Bagi para pemudik yang motornya diangkut truk khusus Kemenhub, akan diberikan fasilitasi angkutan gratis menggunakan bus yang akan diberangkatkan pada Sabtu, 3 Agustus pada pukul 10.00 WIB dari Kantor Pusat Perum PPD Depo E Klender Jl. Raya Bekasi, Klender-Jakarta Timur.

Maksimal pengangkutan adalah dua orang dewasa dan satu anak-anak setiap motor yang didaftarkan.

Pelda Metro Jaya Selain Kemenhub, Polda Metro Jaya juga menyosialisasikan imbauan mudik tanpa menggunakan sepeda motor pada musim lebaran tahun ini. Sosialisasi tersebut telah diselenggarakan di Bundaran HI, Jakarta Pusat.

"Ini rangkaian dari Operasi Patuh untuk menyosialisasikan mudik tidak menggunakan sepeda motor," kata Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Chryshnanda di Jakarta, Minggu (14/7).

Chryshnanda mengatakan sosialiasai mudik tidak menggunakan sepeda motor merupakan solusi terhadap keselamatan mengemudi.

Melalui kegiatan sosialisasi tersebut, Dirlantas Polda Metro Jaya berharap masyarakat pengguna kendaraan peka dan peduli dalam berlalulintas.

Chryshnanda menyatakan kepolisian bekerja sama dengan sejumlah perusahaan pada sektor bisnis melalui program dana respons sosial dengan menyediakan bus bagi karyawan yang mudik.

 Dia menambahkan pemudik wajib menggunakan standar keselamatan dengan tidak membawa anak kecil dan melebihi kapasitas dalam menggunakan sepeda motor. "Kami akan selektif di 'check point' (pos pemeriksaan)," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper