Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terminal AKAP Lebak Bulus Dipastikan Tutup Pekan Depan

Terminal bus antar kota antar provinsi (AKAP) Lebak Bulus dipastikan akan ditutup pekan depan.

Bisnis.com, JAKARTA--Terminal bus antar kota antar provinsi (AKAP) Lebak Bulus dipastikan akan ditutup pekan depan.

Saat ini Dinas Perhubungan DKI Jakarta masih melakukan pendekatan dengan para awak bus, pedagang, penjual tiket dan perusahaan otobus (PO) di terminal tersebut untuk menghindari terjadinya gesekan saat pengosongan nanti.

Kepala Dishub DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan, pihaknya bisa saja secara paksa mengosongkan terminal demi kepentingan perluasan pembangunan depo Mass Rapid Transit (MRT).

Namun, pihaknya ingin pengosongan dilakukan dengan cara yang santun sehingga mereka yang berkepentingan di teminal juga akan dengan sukarela dan tanpa paksaan mengosongkan terminal.

"Sebenarnya kami bisa saja mengosongkan terminal bus AKAP Lebak Bulus pada 6 Januari 2014. Namun kami tidak ingin menggunana cara ditekan," ujar Pristono seperti dikutip situs Pemprov DKI Jakarta, beritaJakarta.com, Kamis (16/1/2014).

Menurutnya, pendekatan yang dilakukan dengan memberikan pengertian agar para pedagang, penjual tiket dan lainnya mau mengerti dan bersedia pindah ke lokasi yang sudah ditentukan.

Untuk pedagang, disediakan tempat pengganti seperti, di Pasar Mede dan Pasar Bata Putih. Sedangkan untuk PO diminta tetap memberikan pekerjaan kepada para penjual tiket.

"Jadi, kami hanya memediasi antara PO dan penjual tiket," katanya.

Adapun operasional bus AKAP akan dialihkan ke terminal lainnya seperti Terminal Kalideres, Pulogadung dan Kampung Rambutan.

Di Terminal AKAP Lebak Bulus sendiri, hingga kini hanya menyisakan 15 PO yang masih beroperasi dari jumlah sebelumnya yang mencapai 135 PO.

Semula Terminal Bus AKAP Lebak Bulus akan dikosongkan mulai 7 Januari 2014 tetapi karena terjadi penolakan, rencana pengosongan gagal terealisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper