Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Siapkan 20 Rute Tambahan Bus Kota Terintegrasi Busway

Gubernur Joko Widodo menyatakan masih ada 20 rute baru Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) yang akan diluncurkan setiap pekan pada Maret mendatang dengan total 346 armada bus sedang
 Rute Busway/Bisnis
Rute Busway/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Joko Widodo menyatakan masih ada 20 rute baru Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) yang akan diluncurkan setiap pekan pada Maret mendatang dengan total 346 armada bus sedang.

Rute tersebut menyusul dua rute kawasan elite di Pantai Indah Kapuk (PIK)-Monas dan Tanah Abang-Kalibata City. "Masih ada 20 rute yang akan diluncurkan nanti bulan Maret," katanya usai peluncuran BKTB di Pantai Indah Kapuk (PIK), Rabu (5/2/2014).

Adapun tarif tiket BKTB ini Rp6.000 per penumpang atau dua kali lipat dibandingkan bus kota seperti Metro Mini Rp3.000. Mantan Wali Kota Solo tersebut menegaskan jalur BKTB tidak bakal terjadi rebutan penumpang dengan operator bus kota di jalur yang sama karena dilihat dari kelas harga dan fasilitasnya berbeda.

“Pangsa pasarnya berbeda, tarifnya juga berbeda. Pemilik dan sopir metro mini, mikrolet, kopaja nggak usah khawatir kehilangan penumpang. Yang pengin murah naik metro mini dan mikrolet, kalau pakai AC ya BKTB,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono telah melakukan sosialisasi program restrukturisasai trayek angkutan umum sejak Maret 2013. Sedangkan kajian restrukturitasi trayek terhadap operator angkutan umum telah dilaksanakan pertengahan Desember tahun lalu disusul sosialisasi BKTB akhir Januari 2014.

Memang sebagian operator menolak dan lainnya mendukung karena takut bersinggungan dengan setoran. Tetapi apabila mengacu dari besaran tarif dan jalurnya bisa tidak perlu dipermasalahkan karena masyarakat bisa memilih. “Dia nggak pakai AC jalurnya jalan umum, kalau BKTB kan jalurnya masuk jalur bus Transjakarta,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper