Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Operasional MRT dan TransJakarta selama Libur Lebaran 2024, Simak!

Simak jadwal operasional MRT dan TransJakarta selama periode libur Lebaran 2024.
Penumpang antre di stasiun untuk naik MRT Jakarta pada saat libur Lebaran/MRT Jakarta
Penumpang antre di stasiun untuk naik MRT Jakarta pada saat libur Lebaran/MRT Jakarta

Bisnis.com, JAKARTA -- Sejumlah moda transportasi umum melakukan penyesuaian selama periode Lebaran 2024. Salah satunya, PT MRT Jakarta (Perseroda) yang mengumumkan jadwal terbaru selama Idulfitri 1445 H, yaitu 6—15 April 2023. Simak jadwal operasional MRT dan TransJakarta selama libur Lebaran 2024 di bawah ini.

Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta (Perseroda) Ahmad Pratomo mengatakan pola operasional yang berlaku adalah grafik perjalanan kereta normal saat akhir pekan atau libur, yaitu pukul 05.00—24.00 WIB dengan selang waktu keberangkatan kereta setiap 10 menit. 

“Seluruh 13 stasiun akan dibuka sesuai dengan jam operasional tersebut. MRT Jakarta menyiapkan 219 jumlah perjalanan kereta dan tujuh rangkaian kereta untuk melayani masyarakat,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang dikutip Selasa (9/4/2024)

Tak hanya itu, pihaknya pun telah melakukan penambahan personel petugas di stasiun untuk memastikan pengguna jasa MRT Jakarta mendapatkan pengalaman yang nyaman selama berada di stasiun maupun kereta

Selain jadwal operasional ini, Ahmad juga menyebut MRT Jakarta menyiapkan sejumlah program menarik bagi para pengguna jasa MRT Jakarta selama masa liburan tersebut.

Program tersebut antara lain pelayanan contact center yang lebih efektif dan efisien; pelayanan stasiun dengan menitikberatkan potensi kepadatan penumpang, penjualan tiket single trip, menyediakan alat pembelian tiket perjalanan secara mobile oleh petugas stasiun, hingga berbagai promo melalui aplikasi MyMRTJ seperti Marti Games berhadiah total Rp15 juta, double marti poin untuk pembelian tiket QR selama periode 6—15 April 2024, hingga cashback tiket hingga 50%. Sejumlah gerai di stasiun juga menyediakan program promo.

MRT Jakarta juga bekerja sama dengan berbagai mal sekitar stasiun seperti Mal Plaza Indonesia, Blok M Plaza, dan fX Sudirman serta sejumlah restoran di sekitar stasiun untuk menyediakan promo seperti McD, Amez Coffee, Ayam Nona Tjioe, rasea, Livera, dan NMW Clinic.

“Informasi lebih detail dapat dilihat pada akun resmi media sosial PT MRT Jakarta [Perseroda], yaitu @mymrtjktinfo atau melalui aplikasi MyMRTJ,” ucapnya.

MRT Jakarta juga mengeluarkan mesin penjualan tiket MyMRT Lite versi mobile, sebagai salah satu inovasi layanan menyambut libur lebaran.

“Cara kerjanya seperti mesin penjualan tiket MyMRTJ Lite versi self-service yang ada di Stasiun Bundaran HI, namun ini versi mobile yang dibawa oleh petugas stasiun. Petugas dapat proaktif menawarkan kepada pelanggan untuk membeli tiket dari mesin tersebut,” tutur Ahmad.

Nantinya, petugas akan membantu pelanggan memilih stasiun tujuannya, lalu pelanggan tinggal membayar dengan memindai kode QR sesuai nominal biaya perjalanan, dan tiket kode QR untuk dipindai di gerbang penumpang (passenger gate) akan tercetak otomatis atau terkirim ke posel (e-mail) pelanggan

Terkait angka keterangkutan saat libur lebaran, pada 2023 lalu, angka keterangkutan pada H-10 dan H+10 mencapai 1.506.926 orang dengan total pengguna MRT Jakarta pada hari pertama lebaran mencapai 28.230 orang dan hari kedua mencapai 44.264 orang. 

Jadwal TransJakarta Selama Lebaran 2024 

Tak hanya MRT, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) juga telah memperpanjang jam operasional di 14 koridor selama arus mudik dan balik lebaran 2024. Jam operasional ini berlaku pada arus mudik lebaran sejak 6-9 April 2024 dan arus balik Lebaran pada 12-15 April 2024. 

Selain itu, Transjakarta akan mengoperasikan rute khusus pelabuhan yaitu 10C: Pelabuhan Tj. Priok - Tanjung Priok dan rute khusus Terminal Pulo Gebang pada arus balik lebaran. 

Berdasarkan @infotije, berikut ini rute dan koridor yang mengalami penambahan jam operasional sampai pukul 24.00 WIB.

Arus Mudik Lebaran 2024  (6-9 April 2024) hingga pukul 24.00 WIB

1. Layanan 14 Koridor Utama

2. Rute-rute yang melintasi Stasiun KAI antarkota

- Stasiun Gambir, 1P, 5C, 6H, 7F 

- Stasiun Pasar Senen, 2A, 6H, 14B 

- Stasiun Jatinegara 11 

3. Serta pengoperasian rute khusus pelabuhan

- 10C, Pelabuhan Tj Priok – Tanjung Priok 

Arus Balik Lebaran 2024 (12-15 April 2024) hingga pukul 24.00 WIB

1. Layanan 14 Koridor Utama 

2. Rute-rute yang melintasi stasiun KAI antarkota

- Stasiun Gambir, 1P, 5C, 6H, 7F 

- Stasiun Pasar Senen, 2A, 6H, 14B 

- Stasiun Jatinegara 11 

3. Pengoperasian rute khusus pelabuhan

10C, Pelabuhan Tj Priok – Tanjung Priok 

4. Penambahan rute Angkutan Malam Hari (AMARI) dari Terminal Pulo Gebang yang beroperasi pukul 24.00 – 05.00 WIB 

- Pulo Gebang – Senen

- Pulo Gebang – Tanjung Priok

- Pulo Gebang – Kp. Rambutan

- Pulo Gebang – Ps. Minggu

- Pulo Gebang – Kalideres 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper