Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalan Berbayar (ERP): 3 Perusahaan Segera Uji Coba di Blok M-Kota

Penerapan uji coba sistem Electronic Road Pricing (ERP) atau jalan berbayar akan dilakukan segera dilakukan di Area I dari Blok M hingga Kota.
Kemacetan DKI/Bisnis.com
Kemacetan DKI/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Penerapan uji coba sistem Electronic Road Pricing (ERP) atau jalan berbayar akan dilakukan segera dilakukan di Area I dari Blok M hingga Kota.

Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama  mengatakan sudah ada tiga perusahaan yang mengajukan penawaran untuk penerapan sistem ERP.

Salah satu dari ketiga perusahaan tersebut adalah KAPS yang bergerak di bidang manajemen perangkat lunak kendaraan bermotor.

“Sekarang sudah ada tiga perusahaan yang mengajukan penawaran. Yaitu KAPS, satunya lagi saya lupa, sama satu lagi dari perusahaan lokal,” ujarnya di Balai Kota, Rabu (19/3/2014).

Ahok meminta perusahaan tersebut yang menawarkan sistem tersebut untuk menerapkan dan mengujinya. Seluruh uji coba tersebut tidak menggunakan biaya dari Pemprov DKI tetapi biaya dari perusahaan tersebut.

“Mereka akan pasang di jalanan yang utama, yaitu Jalan Sudirman-Thamrin,” tuturnya.

Perusahaan tersebut juga harus mempersiapkan term of references (TOR) pelaksanaan penerapan jalan berbayar elektronik tersebut.

Mantan Bupati Belitung Timur ini belum dapat memastikan kapan dilakukan penerapan uji coba ERP. PT Jakarta Propertindo (Jakpro) yang bertanggung jawab dalam tender hingga pelaksanaan ERP.

Direktur Utama PT Jakpro Budi Karya menuturkan pada bulan ini akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu dalam penerapan sistem ERP.

Rencananya, sistem ERP akan dilakukan uji coba pada April tahun ini, namun hingga saat ini masih dilakukan proses pembicaraan dan kajian lebih mendalam.

PT Jakrpo belum menentukan kapan akan segera dibangun peralatan uji coba ERP ini.

"Kami tidak ingin bertindak gegabah dan terburu-buru dalam penerapan ERP, masih membutuhkan pendapat dari ahli, Pak Gubernur dan Pak Wakil Gubernur," ucap Budi.

Seperti diketahui, infrastruktur yang akan digunakan dalam sistem ini adalah mesin electronic law enforcement, gerbang ERP, dan alat on board unit (OBU).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper