Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BNPB Bangun Shelter Bencana di Pandeglang

Pembangunan shelter atau lokasi penampungan korban bencana di Kabupaten Pandeglang, Banten, oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) saat ini dalam proses lelang.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 24 April 2014  |  00:45 WIB
Bencana banjir merendam rumah warga  - Bisnis.com
Bencana banjir merendam rumah warga - Bisnis.com

Bisnis.com, PANDEGLANG - Pembangunan shelter atau lokasi penampungan korban bencana di Kabupaten Pandeglang, Banten, oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) saat ini dalam proses lelang.

"Tahapannya terus berlanjut, dan sekarang sedang dalam proses lelang," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang Encep Suryadi di Pandeglang, Rabu (23/4/2014).

Menurut dia, kegiatan lelang pembangunan shelter tersebut sepenuhnya dilakukan oleh BNPB, demikian juga dengan pembangunannya. "Kita hanya menerima setelah jadi saja. Untuk semua proses, mulai lelang sampai pembangunan langsung ditangani BNPB," ujarnya.

Shelter yang akan dibangun di Kabupaten Pandeglang itu tiga lantai, dan diperkirakan bisa menampung pengungsi sebanyak 15.000 orang. Mengenai lokasi, menurut dia, akan memanfaatkan eks terminal bus di Kecamatan Labuan.

Kepala BPBD Provinsi Banten Ino S Rawita sebelumnya menyatakan telah mengusulkan pembangunan lima unit shelter ke BNPB. "Kami sudah mengusulkan ke BNPB membangun lima lokasi dulu. Termasuk kami juga mengusulkan melalui APBD Banten," katanya.

Dia mengatakan usulan tersebut sudah mendapat respon dari BNPB yang siap untuk membangun fisiknya. Sedangkan untuk lokasi dan lahannya diserahkan kepada masing-masing daerah.

Lima daerah yang diusulkan untuk membuat lokasi penampungan korban bencana tersebut yakni di Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang dan Kota Cilegon. Sedangkan daerah yang mendesak untuk segera dibangunkan shelter yakni untuk warga di sekitar Sungai Ciujung dekat jalan tol Tangerang-Merak, katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bnpb

Sumber : Antara

Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top