Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BPN Layani Sertifikasi Tanah Akhir Pekan

Badan Pertanahan Negara (BPN) memberi tambahan waktu pengurusan sertifikat tanah warga Jakarta sampai hari Sabtu. Pelayanan akhir pekan ini diawali kantor BPN Jakarta Selatan dan akan diikuti oleh kantor BPN wilayah kotamadya lain DKI Jakarta.
Akhirul Anwar
Akhirul Anwar - Bisnis.com 27 April 2014  |  15:55 WIB
Beberapa warga yang sudah menggunakan layanan itu menerangkan prosesnya hanya butuh waktu 1,5 jam untuk proses mendapatkan sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB).  - bisnis.com
Beberapa warga yang sudah menggunakan layanan itu menerangkan prosesnya hanya butuh waktu 1,5 jam untuk proses mendapatkan sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB). - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pertanahan Negara (BPN) memberi tambahan waktu pengurusan sertifikat tanah warga Jakarta sampai hari Sabtu. Pelayanan akhir pekan ini diawali kantor BPN Jakarta Selatan dan akan diikuti oleh kantor BPN wilayah kotamadya lain DKI Jakarta.

Kepala Kantor Wilayah BPN DKI Jakarta Djamaludin mengatakan terobosan pelayanan sertifikat tanah pada hari Sabtu untuk memberikan waktu kepada warga yang tidak sempat hadir mengurus pada hari kerja.

"Bagi yang tidak bisa hadir pada hari kerja bisa datang pada hari Sabtu. Kami harapkan layanan ini dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat," katanya dalam keterangan media, Sabtu (26/4/2014).

Pelayanan sertifikat tanah hari Sabtu ini dinamakan Pelayanan Sabtu Cepat buka mulai pukul 08.00 - 12.00 . Sejumlah petugas sengaja disiapkan berjaga pada hari sabtu dengan mengedepankan pelayanan mudah dan cepat.

Menurutnya, pelayanan serupa akan diterapkan pada kantor wilayah DKI yang lain pada waktu dekat yakni BPN Jakarta Pusat, BPN Jakarta Timur dan BPN Jakarta Utara. Djamal menjamin pelayanan tidak ada pungutan liar dan siap memecat petugas yang seperti itu.

"Yang mendapatkan punishment itu sudah banyak kalau berbuat curang. Sudah ada yang dipecat juga," katanya.

Kepala Kantor BPN Jaksel, Gembong Joko Wuryanto menambahkan program layanan cepat hari Sabtu ditangani petugas pelayanan sehingga tidak ada lagi warga yang kesulitan mengurus sertifikat. "Mengurus sertifikat tidak ruwet lagi," ujarnya.  

Beberapa warga yang sudah menggunakan layanan itu menerangkan prosesnya hanya butuh waktu 1,5 jam untuk proses mendapatkan sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bpn sertifikat tanah
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top