Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DKI Terapkan Standar Tinggi Bagi Supir Angkutan Umum

Pemprov DKI Jakarta akan terapkan standar pengemudi armada transportasi umum di Ibu Kota.

Bisnis.com, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta akan terapkan standar pengemudi armada transportasi umum di Ibu Kota.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan penerapan standar pengemudi ini merupakan bagian untuk memberikan kenyamanan penumpang.

Nantinya, lanjut pria yang kerap disapa Ahok, para pengemudi angkutan Jakarta akan diberikan pelatihan cara mengendari yang baik sehingga tidak ugal-ugalan dan memberikan kenyamanan bagi penumpang, seperti cara pengereman.

Pemprov DKI berjanji akan memberikan gaji para supir bus tersebut 3,5 Upah Mimimum Provinsi [UMP] atau senilai Rp8,54 juta.

"Yang paling penting ini ada pelatihan bagi sopirnya, cara bawanya yang baik. Makanya, sopir articulated, kami kasih 3,5 UMP gajinya. Supaya Anda betul-betul baik, tidak nabrak sana-sini dan menghilangkan nyawa orang," ujarnya uji coba armada bus gandeng Scania di Monumen Nasional, Kamis (8/5/2014).

Dia menuturkan akan memberikan tindakan tegas kepada para pengemudi yang tidak disiplin dan membahayakan nyawa warga DKI. Tindakan tegas tersebut bisa berupa pemecatan, sanksi pidana, dan bahkan pencabutan trayek.

"Kalau anda tidak baik akan kami pecat. Jadi tidak ada urusan, kita penjarakan, trayeknya akan kita cabut. Tugas kami itu memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang," kata Ahok dengan nada tinggi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper