Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kenaikan Harga Elpiji 12 Kg: Anggota PHRI Jabar Merasa Dihantam

Kalangan pengusaha hotel di Jawa Barat tengah merasa dihantam dan terpaksa melakukan efisiensi usaha sebagai dampak dari penaikan harga gas elpiji 12 kilogram pada awal Januari lalu.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, DEPOK -- Kalangan pengusaha hotel di Jawa Barat tengah merasa dihantam dan terpaksa melakukan efisiensi usaha sebagai dampak dari penaikan harga gas elpiji 12 kilogram pada awal Januari lalu.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat Herman Muchtar mengatakan sebagai pengguna gas elpiji 12 kilogram, industri perhotelan merasa efisiensi harus dilakukan sebagai salah satu cara menekan pengeluaran.

"Kita sebetulnya pasrah saja dengan naiknya gas elpiji, kita tidak bisa berbuat apa-apa. Hanya efisiensilah yang harus dilakukan," ujarnya, Rabu (7/1).

PT Pertamina (Persero) pada awal Januari 2015 menaikkan harga elpiji 12 kilogram Rp18.000 per tabung atau sebesar Rp1.500 per kilogram.

Penaikkan harga gas elpiji 12 kilogram tersebut dilakukan untuk menutupi kerugian yang selama ini dialami PT Pertamina.

Akan tetapi, kalangan pengusaha menilai penaikan tersebut cukup membebani.

Herman menuturkan industri perhotelan saat ini merasa dihantam bertubi-tubi dengan sejumlah kebijakan pemerintah termasuk penaikan harga gas elpiji tersebut.

"Mungkin juga hotel di Jabar tidak akan menaikan harga tarif kamar atau menu restorannya, karena kondisi perhotelan saat ini sedang terpuruk," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper