Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tangsel Bangun Kampung Wisata Industri Di Keranggan

Masyarakat Tangerang Selatan mendukung rencana pemerintah kota membangun Kampung Wisata Industri di Kelurahan Keranggan, Kecamatan Setu, Tangsel.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 26 Januari 2015  |  15:09 WIB
 Salah satu keindahan objek wisata. Tangsel akan garap kampung wisata industri Di Keranggan - Bisnis
Salah satu keindahan objek wisata. Tangsel akan garap kampung wisata industri Di Keranggan - Bisnis

Bisnis.com, TANGSEL-Masyarakat Tangerang Selatan mendukung rencana pemerintah kota membangun Kampung Wisata Industri di Kelurahan Keranggan, Kecamatan Setu, Tangsel.

Berbagai industri skala mikro dan kecil akan semakin berkembang di daerah itu yang selama sudah menjadi sentra industri rumah tangga produk makanan dan kerajinan yang cukup terkenal di Tangsel dan sekitarnya.

Diantara jenis makanan yang cukup popular dari Kranggan adalah kacang sangrai, kacang yang proses menggorengnya dengan pasir dan tanpa minyak goreng, serta rengginang, rempeyek, kripik pisang dan singkong maupun dodol.

Budiman, warga Jurang Mangu, mengatakan sangat cocok daerah tersebut dijadikan sebagai Kampung Wisata Industri karena memang disana banyak industri skala mikro dan kecil yang cukup berkembang.

“Orang yang datang berwisata ke kampung itu bisa melihat sendiri proses pembuatan makanan atau kerajinan yang akan dibeli. Misalnya melihat bagaimana menggoreng kacang sangrai dengan pasir,” katanya Senin (26/1/2015).

Menurutnya, bukan hanya proses pengolahan makanan yang bisa dilihat di Kampung Wisata Industri Kranggan itu, tetapi pengunjung juga bisa mencoba ikut memasak, misalnya menggoreng kacang sangrai.

Selain itu, imbuhnya, pengunjung selama di Kampung Wisata Industri tersebut juga dapat melihat secara langsung dan mencoba sendiri proses pembuatan keset, sablon kaos atau barang kerajinan lainnya.

Budiman menyatakan sudah beberapa kali datang ke Kranggan membeli kacang sangrai untuk melengkapi suguhan bagi para tamu yang datang di acara hajatan yang diselenggarakan di rumah keluarganya.

Sebelumnya, Wakil Walikota Benyamin Davnie, mengatakan alasan pemilihan Keranggan sebagai Kampung Wisata Industri karena di daerah tersebut selama ini sudah menjadi sentra industri rumah tangga dan lingkungannya masih asri.

Selain itu, lanjutnya, di Kelurahan Keranggan masih banyak lahan kosong yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung program itu sehingga nanti dapat bermanfaat bagi pengembangan industri dan peningatan ekonomi masyarakatnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta tangerang selatan
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top