Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pasar Tradisional Kelola Sampah Secara Mandiri

Dinas Kebersihan DKI Jakarta meminta seluruh pimpinan pasar tradisional di lingkungan PD Pasar Jaya agar mengelola sampah secara mandiri.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 29 Januari 2015  |  13:01 WIB
Pasar tradisional kelola sampah secara mandiri - Bisnis
Pasar tradisional kelola sampah secara mandiri - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA- Dinas Kebersihan DKI Jakarta mengemukakan seluruh pimpinan pasar tradisional di lingkungan PD Pasar Jaya agar mengelola sampah secara mandiri.

Saptastri Ediningtyas Kusumadewi, Kepala Dinas Kebersihan DKI, mengatakan harapan itu sesuai Perda No.3 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah, yang mengatur kawasan komersial wajib mengelolan sampahnya secara mandiri.

“Untuk pasar tradisional yang dikelola PD. Pasar Jaya, Dinas Kebersihan masih membantu sampai dengan 2016, dan setelah itu mereka wajib mengelola sampahnya secara mandiri,” katanya dalam siaran pers Kamis (29/1/2015).

Menurutnya, Dinas Kebersihan DKI telah mengumpulkan kepala pasar tradisional seluruh Jakarta untuk sosialisasi kebijakan pengelolan sampah sesuai Perda No.3/2013 tersebut.

Dalam acara tersebut juga disosialisasikan mengenai strategi untuk mengurangi timbunan sampah di pasar, antara lain dengan menghimbau pengelola pasar untuk membangun bank sampah.

Selanjutnya, mengimbau kepada para pedagang agar menggunakan plastik biodegradable dan menekankan agar konsumen untuk membawa tas belanja sendiri dari rumahnya.

Selain itu, imbuhnya, kepada kepala pasar diminta agar hanya menerima pasokan komoditas yang siap konsumsi, tidak termasuk bagia-bagian dari komuditas yang harus dibuang karena menjadi sampah.

“Sayur dan buah yang akan dijual di pasar disortir dari kulit, daun atau tandan yang berpotensi menjadi sampah. Hanya bagian yang dikonsumsi saja yang masuk ke Jakarta. Ini akan signifikan mengurangi timbulan sampah,” ujarnya.

Saptastri juga mengungkapkan Dinas Kebersihan DKI masih menyewa armada truk untuk mencukupi kebutuhan armada pengangkut sampah, terutama dari tempat  penampung sampah sementra  (TPS) ke semua TPST Bantargebang.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta pasar tradisional
Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top