Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WAGUB DJAROT: Jaringan Utilitas Harus Terintegrasi

Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat mengimbau agar operator pemilik utilitas bawah tanah untuk memetakan keberadaan jalur jaringannya. Pengetatan perizinan akan dilakukan dengan syarat pengintegrasian jaringan kabel antar operator. Pemprov DKI mengakui sulitnya mengkoordinasi operator karena target pasar berbeda dan waktu pengerjaan utilitasnya tidak berbarengan.
Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat/Beritajakarta.com
Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat/Beritajakarta.com

Bisnis.com, JAKARTA -  Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat mengimbau agar operator pemilik utilitas bawah tanah untuk memetakan keberadaan jalur jaringannya.

Pengetatan perizinan akan dilakukan dengan syarat pengintegrasian jaringan kabel antar operator. Pemprov DKI mengakui sulitnya mengkoordinasi operator karena target pasar berbeda dan waktu pengerjaan utilitasnya tidak berbarengan.

“Alangkah bagusnya terintegrasi dengan utilitas lainnya seperti PLN, gas, PAM. Kita setuju dengan fiber optik, tapi kalau bisa disatukan dengan utilitas lainnya,” ucapnya di Balai Kota, Jakarta, Selasa (24/3/2015).

Direktur Konstruksi Telkom Akses Lukman Iskandar Soleman mengakui kesulitan dalam perizinan untuk mengganti utilitas di Ibu Kota, salah satunya syarat pembangunan yang terintegrasi dengan unit lain. Saat ini, pihaknya tengah mengajukan pembongkaran utilitas eksiting dalam duct sedalam 1,5 meter. Dari 974 km jalur utilitas Telkom, pihaknya memerlukan 10% area baru.

Pembongkaran itu ditujukan untuk mengganti kabel tembaga dengan kabel fiber optik dengan menarik 4.260 km kabel di udara yang melayani 671.896 rumah dan gedung di Jakarta. Sebagai informasi, keberadaan kabel tembaga itu sudah eksis sejak 1960.

Perizinan menghambat, ya, salah satunya. Karena dari sisi Pemprov inginnya pembangunan terintegrasi dengan unit-unit  yang lain. Memang harus ada yang mengintegrasikan,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Veronika Yasinta
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper